Kini, Pramuka Punya Bumi Perkemahan 

image_pdfimage_print

 

Kwartir Gerakan Pramuka Kota Probolinggo sedang berbunga. Pasalnya, kini organisasi yang dipimpin Indi Eko Yanuarto ini telah memiliki bumi perkemahan untuk aktifitas pramuka. Pemkot Probolinggo mengizinkan pemanfaatan sarana prasana miliknya untuk digunakan pramuka. 

Penandatanganan kerjasama ini sesuai nomor 134.4/37/KS/425.011/2017 tentang pemanfaatan sarana dan prasana RTHKP (Ruang Terbuka Hijau Kawasaan Perkotaan) Kedopok. 12 Juni lalu, penandatanganan ini dilakukan oleh Wali Kota Probolinggo Rukmini dan Ketua Kwartir Pramuka Indi Eko Yanuarto di ruang transit, disaksikan sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD). 

Nantinya, RTHKP bakal dijadikan lokasi event dan latihan pramuka. Kendati demikian, masyarakat yang ingin memanfaatkan RTHKP masih diizinkan untuk berkunjung disana. “Jadi, perjanjian kerjasama ini tidak merubah fungsi di RTHKP. Pemeliharaan tetap di Dinas Lingkungan Hidup, tetapi pramuka juga berkewajiban untuk merawatnya,” ujar Kasubag Pemerintah di Bagian Pemerintahan Setda Kota Probolinggo, Ratih Oktaviana. 

Indi Eko Yanuarto mengatakan, perlu adanya penambahan fasilitas pendukung untuk merubah RTHKP menjadi bumi perkemahan. Misalnya, bangsal kamar mandi dan balai pertemuan. Karena milik pemkot, pramuka dipersilahkan mengajukan proposal ke DLH melalui wali kota untuk pembangunan fasilitas tersebut. “Kolam renang yang ada disana (RTHKP) ini tidak dipakai, bisa dibangun untuk yang lain. Misalnya membuat pendapa untuk tempat pertemuan dan berkegiatan,” katanya. 

Sementara itu, Wali Kota Rukmini berpesan kepada pramuka agar dapat merawat dan menjaga aset milik pemerintah tersebut. Pihaknya mengizinkan adanya pemanfaatan RTHKP karena melihat banyaknya kegiatan pramuka tetapi tidak memiliki tempat yang layak. (famydecta/humas)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.