Wali Kota Serahkan Hasil Rehab RTLH

image_pdfimage_print

Dinas Permukiman Kota Probolinggo menggelar silaturahmi dan serah terima hasil kegiatan rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) tahun 2017, Rabu (5/7). Kegiatan yang berlangsung di lapangan instalasi pengolahan air limbah (IPAL) komunal di Jl. Flamboyan Kelurahan Pilang, dihadiri Wali Kota Probolinggo Rukmini. Dalam kesempatan itu, wali kota menyerahkan hasil rehab RTLH kepada salah satu warga yang menerima bantuan.

Menurut Rukmini, bantuan tersebut mendukung pembangunan satu juta rumah tinggal. “Program ini untuk mendukung pembangunan satu juta rumah. Saya berharap ini dijadikan pemicu keswadayaan masyarakat berpenghasilan rendah untuk hidup lebih sehat. Untuk tahun ini, rehab mencakup pembangunan jamban, sedangkan tahun lalu tidak termasuk,” ungkap wali kota. 

Wali kota berharap agar kualitas bangunan baik agar tidak cepat rusak. “Dikerjakan (bangunannya) dengan baik, agar tidak mudah rusak. Saya berharap LPM (Lembaga Keswadayaan Masyarakat) yang mengerjakan agar kualitasnya lebih baik karena tidak berorientasi pada keuntungan. Saya juga berharap masyarakat ikut mengawasi pembangunan dan turut serta bergotong royong membantu proses pembangunan,” harap Rukmini. 

Sementara itu, Kepala Dinas Permukiman Kota Probolinggo, Agus Hartadi mengungkapkan total rehab RTLH tahun 2017 mencapai 58 unit. “ Tahap pertama yang sudah selesai ada 1 unit. Tahap kedua yang akan dimulai pada 10 juli berjumlah 13 unit. Tahap ketiga ada 17 unit yang pembangunannya akan dimulai pada 20 september. Sisanya pada tahap empat ada 17 unit yang akan dimulai pada 20 oktober,” ungkap Agus. 

Setiap RTLH menerima bantuan rehab sebesar Rp. 15 juta dari APBD Kota Probolinggo. Untuk tahun 2018 direncanakan ada rehab untuk 145 unit RTLH. Masing-masing kelurahan akan ada 5 unit RTLH yang akan menerima bantuan tersebut. (abdurhamzah/humas)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.