Dorong IKM Pasarkan Produk Via Online

image_pdfimage_print

 

Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan dan Perindustrian (DKUPP) menggelar sosialisasi pemasaran online produk Industri Kecil Menengah (IKM) Kota Probolinggo, Senin (10/7). Sosialisasi tersebut menghadirkan narasumber dari Universitas Ciputra Surabaya, Ialah Liliani dan Febe Yuanita. 

“Sosialisasi ini untuk meningkatkan pengetahuan IKM dalam memasarkan produk secara online, dan menumbuhkan industri kreatif sebagai basis kekuatan ekonomi lokal,” terang Kepala DKUPP Gatot Wahyudi. 

Dalam rangka meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan hidup masyarakat serta menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), Pemerintah Kota Probolinggo mengadakan kegiatan untuk mempromosikan produk unggulan dan potensi daerah lainnya baik kepada masyarakat lokal maupun nasional. 

Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk yang cukup banyak merupakan target pasar yang sangat potensi sehingga sektor usaha kecil dan menengah diharapkan menjadi benteng ketahanan nasional dalam menghadapi era pasar bebas.

Perkembangan teknologi dan internet sudah sedemikian pesat untuk itu, pelaku usaha diharapkan mampu memanfaatkan teknologi tersebut untuk memperluas pasar. Beberapa cara pemasaran online dapat dijalankan, menggunakan website atau blog sendiri, promosi di web orang lain dengan komentar, membuat toko online, lewat media sosial, posting di forum online, iklan di web penyedia iklan, pasang iklan banner, review, atau memakai jasa iklan.

Produk yang bagus dan berkualitas dengan margin keuntungan yang sehat memastikan bisnis saudara langgeng. Copywriting dengan penulisan naskah penawaran yang menarik. Tulisan yang membantu calon konsumen untuk mengambil keputusan dengan cepat dan tepat. Traffic untuk memantau jumlah orang sebagai calon konsumen yang mengunjungi web atau “status jualan” di sosial media saudara.

Melalui kegiatan ini diharapkan bisa memberi bekal bagi pelaku usaha dalam memasarkan secara online serta bagaimana kiat-kiatnya yang nanti akan diberikan oleh narasumber.  Selanjutnya, para pelaku bisnis dapat mengikuti perkembangan teknologi, sehingga dapat memasarkan produknya secara luas dan dapat meningkatkan omset penjualan. “Begitu bermanfaatnya pemasaran produk lewat online, jadi ikuti sosialisasi ini kemudian terapkan,” terang Sekda dr Bambang Agus. (famydecta/humas)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.