Aminah: Sediakan Menu Berbahan Dasar Ikan Setiap Hari

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Probolinggo Aminah Hadi Zainal Abidin menyuapi olahan ikan kepada anak didik. (Foto: Rifki/Humas dan Protokol Setda Kota Probolinggo)
image_pdfimage_print

MAYANGAN – Ketua Forikan sekaligus Ketua Tim Penggerak PKK Kota Probolinggo Aminah Hadi Zainal Abidin terus berupaya memasyarakatkan gemar makan ikan (gemarikan) di wilayahnya. Rabu (24/7) pagi, ia mengawali roadshow gemarikan sumber protein hewani di TK Kemala Bhayangkari 16. Sebanyak 134 paket olahan ikan dibagikan kepada anak didik.

Kegiatan ini hasil kerja bareng TP PKK dengan Dinas Perikanan setempat. Sosialisasi gemarikan di sekolah dibawah naungan Yayasan Kemala Bhayangkari ini digelar untuk mempromosikan potensi sumber daya perikanan Kota Probolinggo.

“Memperkenalkan olahan hasil perikanan dan meningkatkan angka konsumsi ikan masyarakat di Kota Probolinggo,” ujar Kabid Usaha Perikanan Dinas Perikanan, Trilia Yuliana dalam laporannya.

Melalui gerakan ini, Ketua Forikan ingin mengajak masyarakat menggemari menu berbahan ikan karena ikan punya gizi tinggi dan baik bagi anak-anak pada masa pertumbuhan. Kota Probolinggo punya potensi perikanan yang besar sehingga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Angka konsumsi ikan di Kota Probolinggo pada tahun 2018 sebanyak 36,24 kg per kapita. Nilai ini jauh dari target nasional 54,39 kg per kapita.

Salah satu upaya meningkatkan konsumsi ikan yaitu dengan mengampanyekan makan ikan. “Anak-anak TK akan mendapat sosalsiasi dan paket olahan hasil perikanan. Diharapkan dengan sosialisasi ini lebih mengenal dan menyukai makanan berbahan ikan,” kata istri Wali Kota Habib Hadi ini.

Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kota Probolinggo Diah Kristanti Soufis Subri menyuapi olahan ikan kepada anak didik. (Foto: Rifki/Humas dan Protokol Setda Kota Probolinggo) 

Aminah menyontohnya, produk berbahan dasar ikan seperti nugget, krupuk, abon, pempek dan lainnya mempunyai rasa yang enak, gurih dan nikmat sehingga digemari masyarakat.

Pada kesempatan itu, Aminah juga mengimbau wali murid menyediakan menu berbahan dasar ikan. “Masa depan ada di meja makan. Anak-anak perlu makanan bergizi terutama berbahan dasar ikan. Kandungan gizi dan vitamin dalam ikan sangat lengkap untuk usia emas anak-anak khususnya perkembangan otak,” jelasnya.

Menurutnya, makin banyak oak menerima gizi berupa DHA dan EPA pada ikan maka anak semakin cerdas. Anak yang cerdas, sehat dan pintar adalah modal pembangunan yang tak ternilai. “Selain kepada wali murid, saya harap bapak dan ibu guru juga mengingatkan anak didiknya mengonsumsi ikan,” imbuh Aminah.

Perwakilan Yayasan Kemala Bhayangkari, Ibu Budiarto menyatakan ungkapan terima kasih atas kehadiran Ketua TP PKK Aminah Hadi ZA, Wakil Ketua TP PKK Diah Kristanti Soufis Subri, Wakil Ketua TP PKK sekaligus Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Tri Wahyuni Bambang Agus serta pengurus TP PKK Kota Probolinggo.

“Dengan sosalisasi ini nantinya semoga membawa anak-anak menjadi sehat, kuat dan cerdas. Mudah-mudahan semua gemar makan ikan, di rumah harus gemar makan ikan. Wali murid mohon disosialisasikan ya manfaatnya di rumah,” tuturnya.

Setelah TK Kemala Bhayangkari 16, beberapa sekolah PAUD lainnya juga akan didatangi Ketua Forikan Aminah di hari berbeda. Antara lain TK Ananda 2, PAUD Dunia ANak dan TK ABA 6. (famydecta/humas)