Tinjau Pembangunan RS, Wali Kota Inginkan Kualitas Bangunan yang Kokoh

image_pdfimage_print

Guna memastikan progres pembangunan gedung baru Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Mohamad Saleh Kota Probolinggo, Wali Kota Rukmini, meninjau langsung proyek tersebut, Kamis (20/7). Didampingi Sekretaris Daerah yang juga mantan Direktur RSUD dr. Mohamad Saleh, Bambang Agus Suwignyo, wali kota mengingatkan kepada pihak rumah sakit untuk membangun gedung yang kokoh. Gedung baru tersebut dibangun dengan membongkar beberapa bangunan lama dan musholah. Pihak rumah sakit merencanakan bangunan tiga lantai untuk pasien kelas 3.

“Ini nantinya akan dibangun tiga lantai. Semuanya untuk kelas tiga. Musholah itu akan dipindah ke lokasi parkir yang ada sekarang (jl. Kartini). Sementara parkiran akan ada di bawah gedung baru,” ungkap sekda.  

Menyikapi komentar sekda tersebut, Rukmini mengingatkan agar bangunan bisa kuat menahan beban. “Kalau nanti lantai tiga, bisa ngga pakai pilar untuk lantai lima. Biar bangunan kita lebih kokoh. Biar pasien kita itu merasa lebih aman,” harap wali kota. 

Wali kota juga menyinggung soal pelebaran rumah sakit. “Kalau bisa kita bicarakan dengan pihak Kabupaten (Pemkab Probolinggo) soal tukar guling gedung. Biar kita bisa melebarkan rumah sakit, nantinya biar daya tampung kita lebih besar. Tolong disiapkan kelengkapan-kelengkapan administrasinya,” tambah Rukmini. 

Seperti diketahui, salah satu aset Kabupaten Probolinggo berupa gedung Laboratorium Kesehatan bersebelahan dengan RSUD. Bambang mengisyaratkan pihaknya telah berkonsultasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur soal rencana tersebut. “Sudah kami koordinasikan dengan pemprov. Nanti kita komunikasikan dengan pihak kabupaten. Kita akan mencari lokasi untuk tukar guling yang tepat,” ungkap Bambang. 

Selain meninjau lokasi pembangunan gedung baru, Rukmini juga meninjau apotek untuk memastikan persediaan obat bagi pasien tersedia. Ia juga mencoba aplikasi baru milik RSUD berupa SMS dan aplikasi android untuk pelayanan resep obat. Rukmini juga meninjau penyediaan makan bagi pasien, dan menyempatkan mengunjungi pasien-pasien untuk menanyakan kualitas pelayanan di RSUD. (abdur hamzah/humas)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.