Berbagai Kegiatan Meriahkan Festival Lingkungan

image_pdfimage_print

 

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Probolinggo kembali menggelar festival lingkungan dalam rangka Hari Lingkungan Hidup se-dunia yang jatuh pada 5 Juni lalu. Berbagai kegiatan kompetisi bertemakan lingkungan digeber mulai 20-21 Juli di Gedung Islamic Center (GIC). 

Kegiatan yang dimaksud adalah lomba mewarna tingkat TK, lomba motivator tingkat SMA, lomba perkusi barang bekas tingkat SD, lomba fashion tingkat SMP/SMA, lomba pameran dan kreasi produk 3R (reduce, reuse, recycle) oleh bank sampah. 

Tiba sekira pukul 08.00 di GIC, Kamis (20/7), Wali Kota Rukmini didampingi Sekda dr Bambang Agus Suwignyo meninjau sejumlah stand bank sampah. Terdapat 12 bank sampah yang mengisi stand festival lingkungan tersebut. Selain itu ada PMI dan laboratorium RS Dharma Husada juga ikut andil. 

Dalam laporannya, Kepala DLH Tutang Heru Aribowo menyampaikan, digelarnya festival lingkungan ini sebagai media bagi pemerintah umtuk mengembangkan kebijakan dan kegiatan yang ramah lingkungan. Sekaligus mendukung masyarakat untuk memaksimalkan peran dalam mengelola sampah. 

“Alhamdulillah, Kota Probolinggo berhasil masuk nominasi 8 kota/kabupaten yang mendapat Nirwasita Tantra. Yaitu penghargaan atas kebijakan pimpinan daerah dalam penyelamatan lingkungan di wilayahnya masing-masing,” ujar Tutang. 

Sementara itu, saat sambutan, Wali Kota Rukmini menyoroti kondisi sampah di hulu Kali Banger yang selalu menumpuk. Katanya, setiap setengah bulan sampah yang diangkut mencapai 15 truk. “Dibutuhkan kesadaran masyarakat di sekitar hilir untuk lebih menjaga lingkungannya. Banyak kader disana tetapi kok masih tetap,” keluhnya. Acara pagi itu secara resmi dibuka wali kota dengan ditandai pemencetan bel dan terbukanya tirai backdrop. (famydecta/humas)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.