Jelang Pilkada Serentak, KPU Rapatkan Barisan

image_pdfimage_print

Menjelang digelarnya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2018, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Probolinggo menggelar rapat koordinasi dengan Wali Kota Rukmini beserta anggota Forkopimda setempat. Hadir dalam rapat ini, Kapolres Probolinggo Kota AKBP Alfian Nurizal, perwakilan anggota Forkopimda, Kepala OPD serta camat di lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo.

Ketua KPU Kota Probolinggo Ahmad Hudri menyatakan rapat kali ini guna mempersiapkan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah yang serentak digelar pada 27 Juni 2018. Kota Probolinggo sendiri juga turut serta dalam pemilihan serentak ini mengingat Wali Kota Saat ini, Rukmini akan habis masa jabatannya tahun depan.

“Komunikasi dan koordinasi dengan pemerintah dan anggota forkopimda senantiasa perlu dilakukan sebagai bagian dari tahap persiapan jelang pilkada. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga kondusifitas dan kelancaran pilkada tahun depan,” tutur Ahmad.

Berdasarkan data dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispenduk Capil) Kota Probolinggo, Ahmad menyatakan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) mencapai 176.063. Sedangkan DPT yang telah memiliki e-ktp sebanyak 173.312 pemilih. Dari jumlah tersebut, sebanyak 2.751 DPT masih belum memiliki e-ktp. Data tersebut merupakan data terkini per Juni 2017.

“Ini masih harus menjadi perhatian kita karena untuk menggunakan hak pilihnya, mereka harus menggunakan e-ktp,” ujar Ahmad.

Menanggapi hal tersebut, Rukmini menyebutkan bahwa warga yang belum memiliki e-ktp sebenarnya sudah melakukan perekaman dan seharusnya hal ini tidak jadi masalah nantinya.

“Mereka sudah melakukan perekaman e-ktp. Hanya saja belum menerima e-ktp karena bahan untuk pembuatannya belum dikirim oleh Kementerian Dalam Negeri. Hal ini tentunya tidak jadi masalah karena nantinya bisa diganti sementara dengan surat keterangan,” jelas Rukmini.

Sementara itu, Kapolres Probolinggo Kota AKBP Alfian menyatakan kesiapannya untuk memberikan tenaga penuh dalam hal keamanan dalam rangka pesta demokrasi ini. “Saya ingin menyampaikan bahwa demi kelancaran pilkada tahun depan, saya harus ikut capek. Saya harap nantinya masalah sekecil apa pun agar bisa disampaikan kepada kami agar bisa segera diatasi sebelum masalah tersebut menjadi besar,” kata AKBP Alfian. (alfienhandiansyah/humas)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.