Berharap Bisa Menjalin Kerjasama

image_pdfimage_print

 

Atase Deputy Political and Economic Section United States Consulate General di Surabaya Andrew Kelly akhirnya berkunjung ke Kota Probolinggo, Jumat (28/7) pagi. Dalam safari kunjungan pejabat konsulat general ini, Wali Kota Probolinggo Rukmini berharap bisa menjalin kerjasama melalui program yang ada di konsulat tersebut. 

Di ruang transit kantor wali kota, Andrew disambut Wali Kota Rukmini, Sekda Bambang Agus, Asisten Administrasi Umum Rey Suwigtyo, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Ahmad Sudiyanto, Kepala BPPKAD Imanto, Kepala Disbudpar Agus Efendi, Kabag Humas Protokol Prijo Djatmiko, Kabag Pemerintahan Ina Lusinawati, Kabag Administrasi Perekonomian Nelly Hindi Astuti, Sekretaris Bappeda dan Litbang Son Hadji. 

Sebelum ke Kota Probolinggo, Andrew Kelly sudah berkunjung ke Jember, Bondowoso dan Situbondo. Andrew tidak sendiri, ia temani seorang stafnya. Ia menuturkan baru tujuh minggu bertugas di Indonesia. Salah satu kegiatannya adalah berkunjung ke kepala daerah di Indonesia wilayah timur. 

“Terimakasih, saya bisa bertemu dengan ibu wali kota lagi. Saya sedang berkeliling di Jawa Timur, dan ini (bertemu dengan wali kota) adalah kesempatan yang baik untuk saya. Karena saya ingin mengenal tentang sistem politik, ekonomi dan budaya di Kota Probolinggo. Saya juga ingin tahu program pembangunan ibu wali kota,” ujar Andrew, pria yang sebelumnya berprofesi sebagai tentara ini. 

Kepada Andrew, Wali Kota Rukmini menginformasikan jika Kota Probolinggo baru saja menerima penghargaan TPID (Tim Pengendali Inflasi Daerah) Award 2017, Senin (28/7) lalu di Jakarta. Dijelaskan, Kota Probolinggo berhasil menekan angka inflasi terendah kedua se Pulau Jawa setelah Kota Depok. 

“Kami punya program bagaimana masyarakat bisa mendapat harga kebutuhan pokok yang terjangkau bekerjasama dengan Bulog setempat. Operasi pasar menjadi salah satu upaya menekan inflasi dengan baik. Kedua, juga ada informasi harga kebutuhan pokok di tiga pasar, pasar Wonoasih, pasar Baru dan pasar Kronong. Informasi ini secara online bisa dilihat di website Pemerintah Kota Probolinggo,” jelas Rukmini. 

“Wow. Selamat! Selamat atas award yang diterima. Kota Probolinggo saya rasa layak mendapatkan award ini. Congratulation,” sahut pria keturunan Irlandia – Polandia ini bersemangat. 

Selain keberhasilan tersebut, Kota Probolinggo juga menorehkan prestasi dalam waste managementyaitu memanfaatkan gas methan di TPA (Taman Pemrosesan Akhir) menjadi pengganti bahan bakar gas elpiji untuk digunakan oleh masyarakat setempat. 

Kota Mangga ini juga telah bekerjasama dengan lembaga dari US yaitu USAID di berbagai bidang. Beberapa waktu lalu, Kota Probolinggo masuk dalam top 99 kota/kabupaten dengan inovasi pelayanan publik terbaik. Jika lolos ke 10 besar, Kota Probolinggo bisa berangkat ke Amerika. 

“Semoga tim dari Kota Probolinggo bisa ke US dan menang. Kalau berangkat jangan sungkan untuk memberitahukan kami, akan kami bantu mengurus keberangkatannya,” timpal Andrew Kelly yang mengaku belajar bahasa Indonesia 8 bulan lamanya sebelum bertugas di Konsulat Amerika. 

Pada kesempatan itu, Wali Kota Rukmini juga menginformasikan akan digelarnya Semipro (Seminggu di Kota Probolinggo) pada 28 Agustus sampai 4 September mendatang. Wali kota mengundang Andrew untuk hadir saat acara atraksi budaya dan jazz bakau di BJBR. 

Andrew pun sangat excited saat mendengar informasi bahwa ada kapal pesiar yang sandar di Pelabuhan Probolinggo dan berwisata di kota ini. Disbudpar berharap, melalui Konsulat Amerika dapat mempromosikan budaya dan pariwisata di Kota Probolinggo. 

“Saya juga berharap ada program dari konsulat yang bisa dirasakan oleh Kota Probolinggo. Misalnya di bidang pendidikan atau yang lainnya,” ujar Wali Kota Rukmini. 

Sama seperti wali kota, Andrew pun berharap hal yang sama. Bisa menjalin kerjasama secara kesinambungan dan menjaga komunikasi yan baik dengan Pemerintah Kota Probolinggo. “Saya berharap, ketika saya datang lagi bisa melihat foto-foto saat berada di US,” ungkap Andrew yang berharap Kota Probolinggo lolos menjadi top 10 kota/kabupaten berinovasi pelayanan publik terbaik. 

Acara pagi itu, diakhiri dengan tukar menukar cinderamata. Andrew memberikan wali kota sebuah buku tentang Amerika, sedangkan Rukmini memberikan plakat Kota Probolinggo. Usai foto bersama, Andrew rencananya langsung bertolak ke Surabaya. (famydecta/humas)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.