Idul Adha, Pemkot Probolinggo Serahkan 5 Ekor Sapi dan 16 Kambing  

SIMBOLIS: Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin saat menyerahkan hewan kurban secara simbolis kepada panitia penyalur hewan kurban. (Rizal Alkarimi/ Humas Pemkot Probolinggo)
image_pdfimage_print

KANIGARAN–Untuk memeringati Hari Raya Idul Adha 1440 H/2019, Pemerintah Kota Probolinggo menyerahkan bantuan hewan kurban. Berupa 5 ekor sapi dan 16 ekor kambing kepada masyarakat. Secara simbolis, Wali Kota Hadi Zainal Abidin menyerahkan hewan kurban di rumah dinasnya, Sabtu (10/8) sore.

Penyerahan simbolis itu didampingi Wawali Mochammad Soufis Subri, Pj Sekda Achmad Sudiyanto dan disaksikan sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo. Hewan kurban diserahkan kepada organisasi masyarakat, pondok pesantren, masjid, musala dan panti asuhan.

Bantuan hewan kurban itu hasil keterlibatan seluruh kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah). Bersama seluruh staf yang dimobilisasi oleh Bagian Kesra Setda Kota Probolinggo. “Kekompakan kepala OPD sangat luar biasa. Sekarang, sapi 5 ekor dan kambing 16 ekor, mudah-mudahan tahun depan bertambah,” kata Wali Kota Habib Hadi.

Habib Hadi pun mengucapkan terima kasih kepada kepala OPD dan jajarannya yang ikut berkurban. “Saya sudah sampaikan, tempat saya (ponpes Habib Hadi) tidak boleh menerima hewan kurban dari pemkot. Tempat saya itu urusan saya, yang lain saja yang diberi,” tegasnya.

MOMEN BERBAGI: Wawali Moch Soufis Subri saat menyerahkan hewan kurban secara simbolis kepada panitia penyalur hewan kurban. (Rizal Alkarimi/ Humas Pemkot Probolinggo)

Salat Id Wali Kota-Wawali

Pada kesempatan itu, Habib Hadi juga mengimbau kepada seluruh panitia penyelenggara penyembelihan hewan kurban agar ikut peduli lingkungan. Yakni, dengan tidak menggunakan kantong plastik saat membagikan daging. Imbauan ini adalah bentuk implementasi perwali Kota Probolinggo.

 

Minggu (11/9), Wali Kota Habib Hadi melaksanakan salat Idul Adha di Masjid Al Mukaromah, Kelurahan Triwung Kidul, Kecamatan Kademangan. Sedangkan Wawali Subri menggelar salat di Stadion Bayuangga, Kelurahan Sukabumi, Kecamatan Mayangan.

Keduanya sengaja berpencar dan berkeliling ke tempat yang berbeda, untuk meninkatkan sinergi dengan tokoh masyarakat. Dari silaturahmi itu, Habib Hadi berharap bisa mendapatkan nasihat, hal-hal yang bisa dilakukan dalam kebijakan pemerintah membawa kemaslahatan masyarakat Kota Probolinggo.

“Sekali lagi, saya ucapkan terima kasih kepada kepala OPD yang sudah kompak bersama-sama untuk menjadi contoh ke depan lebih bagus. Mudah-mudahan ke depan (hewan kurban) lebih banyak lagi, bisa dibagi rata ke warga kota. (famydecta/humas)

INDAHNYA BERBAGI: Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidindan wawali Moch Soufis Subri berpose bareng panitia penyalur hewan kurban. (Rizal Alkarimi/ Humas Pemkot Probolinggo)