Ziarah ke TMP Awali Rangkaian Hari Pramuka ke-58

Ketua Kwartir Cabang Pramuka Kota Probolinggo M. Maskur menabur bunga di makam para pahlawan. (Welly/Humas dan Protokol Setda Kota Probolinggo)
image_pdfimage_print

Kanigaran– Ziarah ke komplek Taman Makan Pahlawan (TMP) Kota Probolinggo pada Rabu (14/8) pagi menjadi awal rangkaian peringatan hari Praja Muda Karana (Pramuka) ke-58 di Kota Probolinggo.

Mohammad Maskur, Ketua Kwartir Cabang Pramuka Kota Probolinggo memimpin ziarah yang berlangsung pada pukul 06.00 WIB tersebut.

Diawali dengan apel di halaman Taman Makam Pahlawan, rangkaian Ziarah dilanjutkan dengan tabur bunga di pusara para pahlawan. Maskur menyampaikan, kegiatan ziarah bertujuan untuk mengingatkan kembali kepada seluruh anggota Pramuka agar mengenang perjuangan para pahlawan.

“Sehingga, jejak dari para pendahulu kita ini tetap tertanam pada jiwa adik-adik Pramuka. Lebih memberikan semangat dalam melaksanakan tugas kepramukaan. Kami juga berharap, adik-adik ini betul-betul menjadikan perhatian dan belajar dari sejarah terutama untuk merekatkan NKRI,” ungkap Maskur yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga ini.

Disamping itu, Sekretaris Kwartir Cabang Aliek Soam menjelaskan kegiatan ziarah ini juga merupakan salah satu bentuk pendidikan karakter. Dalam peringatan Hari Pramuka kali ini menurutnya juga telah dijadwalkan beberapa kegiatan. Di antaranya, tanggal 31 Agustus akan ada pesta siaga se-Kota Probolinggo, 24-25 Agustus Gladian regu di tingkat penggalang, 7-8 September kegiatan prestasi penggalang, 21-22 September kegiatan prestasi penegak serta pada 20-26 September ada kursus untuk para Pembina.

“Kami mohon seluruh kakak-kakak semua bisa ikut berpartisipasi, sehingga tatanan pedoman kepramukaan yang selama ini didengungkan terarah. Harapan kami, para kakak-kakak ini bisa tetap menjadi anggota Pramuka. Agar generasi yang akan datang juga bisa mencetak generasi-generasi bangsa yang lebih baik. Karena di dalam Pramuka banyak pendidikan yang sangat baik,” pungkas Aliek.

Prosesi ziarah ini diikuti oleh seluruh pengurus, andalan, pelatih dan penolong. Serta para anggota siaga dari SDN Sukabumi IV, Sukabumi 10, Kanigaran VI, dan Kanigaran II. (Malinda/Humas)

Para adik pramuka juga turut menabur bunga di makam para pahlawan. (Foto: Humas dan Protokol Setda Kota Probolinggo)