Wali Kota Habib Hadi Kukuhkan Paskibraka

Suasana proses pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka)di Puri Manggala Bakti.(Foto: Welly/Humas dan Protokol Setda Kota Probolinggo)
image_pdfimage_print

KANIGARAN – Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin telah mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), Kamis (15/8) di Puri Manggala Bakti. Paskibraka inilah yang nantinya akan bertugas pada saat rangkaian Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 74, yang dimulai pada Sabtu (17/8).

Pengukuhan itu dihadiri Wawali Mochammad Soufis Subri, Dandim 0820 Letkol Inf Imam Wibowo, Pj Sekda Achmad Sudiyanto dan perwakilan Forkopimda setempat. 75 paskibraka dari sejumlah SMA/SMK/MA di Kota Probolinggo ini dikukuhkan sesuai SK penetapan nomor 45/83/KEP/425.012/2019.

Banyak pesan yang disampaikan Wali Kota Habib Hadi saat mengukuhkan putra putri pilihan tersebut. Anggota paskibraka digembleng oleh petugas dari Kodim 0820 Probolinggo selama 15 belas hari. Tugas mereka dalam peringatan HUT dengan tema “SDM Unggul Indonesia Maju” ini dimulai pada saat upacara bendera di Kota Probolinggo.

“Kepada anak-anak paskibraka saya mengucapkan selamat atas terpilihnya kalian sebagai paskibraka tahun 2019. Anggota paskibraka adalah pemuda-pemudi terpilih, kalian harus bangga karena untuk menjadi paskibraka ini tidaklah mudah, namun harus melalui seleksi yang ketat dan yang terbaiklah yang terpilih. Dan berkat perjuangan anak – anakku berlatih secara sungguh-sungguh, hari ini kalian dinyatakan siap sebagai paskibraka tahun 2019,” kata Habib Hadi.

Ia mengingatkan kepada paskibraka, di pundak ada tugas yang harus dilaksanakan sebagai paskibraka. Karena inti suksesnya upacara ada pada pasukan pengibar bendera.

“Lakukan dengan semangat dan penuh tanggung jawab. Karena ada pasang mata yang akan menyaksikan kalian di dalam kapangan. Persiapkan diri kalian baik-baik dalam melewati tonggak sejarah yang penting,” tegas wali kota memotivasi.

Ya, anggota paskibraka merupakan cerminan generasi bangsa yang memiliki akhlak dan budi pekerti yang baik, cerdas, berpengetahuan dan sehat jasmani dan rohani. Yang punya semangat untuk mengabdi dan berbuat yang terbaik untuk negaranya, rukun satu sama lain, bangun persatuan, kerukunan, kekompakan di antar sesama warga dan generasi muda.

Sementara itu, pasukan 8 di upacara nantinya adalah Sri Wahyuni Ratika Dini dan Dheariska Ferliana Wicahyo (pembawa baki) dari SMAN 1; Ahmad Yusri Mahendra (SMAN 4), Rahul Rifaldi dan Rahmat Rahmadhani Rahman dari SMKN 1 (pengibar bendera); Ridha Fauziyya Rahma, Devvina Byandini Hanif Prasetya dan Hasna Salsabila Farras Effendi dari SMAN 1 bertugas sebagai serpihan.

“Kembali saya ucapkan selamat. Persiapkan diri kalian sebaik-baiknya, pelihara kesehatan, konsentrasi yang baik. Dengan demikian, tugas penting pada pagi hari maupun sore hari, tanggal 17 agustus dapat kalian laksanakan dengan sebaik-baiknya. Dan semoga perjuangan anak-anak selama latihan akan berbuah manis dengan keberhasilan saat bertugas,” seru mantan anggota DPR RI ini. (famydecta/humas)

Para Paskibraka foto bersama dengan Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin, Wawali Mochammad Soufis Subri, Dandim 0820 Letkol Inf Imam Wibowo, Pj Sekda Achmad Sudiyanto dan perwakilan Forkopimda. (Foto: Welly/Humas dan Protokol Setda Kota Probolinggo)