Menuju Puskesmas Kota Probolinggo Terakreditasi

image_pdfimage_print

Dinas Kesehatan Kota Probolinggo menggelar Acara Opening Meeting “Survey Akreditasi Puskesmas Kota Probolinggo tahun 2017” di Hall Bentar Bromo View, Minggu (7/8).  Acara tersebut dibuka oleh Sekretaris Daerah Kota Probolinggo, Bambang Suwignyo. 

Ninik Ira Wibawati, Kepala Dinas Kesehatan  Kota Proboliggo menjelaskan kegiatan ini  untuk mengukur tingkat kesesuaian terhadap standart akreditasi bagi pelayanan di puskesmas sesuai ketentuan  Kementrian Kesehatan RI. Di mana pada tahun 2019 seluruh Puskesmas diwajibkan terakreditasi.

“Kegiatan survey akreditasi ini dilaksanakan pada 3 Puskesmas, yaitu Puskesmas Wonoasih, Puskesmas Kanigaran dan Puskesmas Jati mulai tanggal 6  – 10 Agustus.  Untuk puskesmas lainnya yaitu Puskesmas Ketapang, Puskesmas Kedopok dan Puskesmas Sukabumi direncanakan akan di survei bulan November 2017,” tambahnya.

Chariyanto Hadori, Wakil dari tim Surveyor Kementerian Kesehatan RI menjelaskan survey ini dilakukan untuk pemotretan puskesmas yang akan disurvey. “Saya harap peserta menyiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Nanti kami juga akan melakukan pembinaan agar Puskesmas bisa mengikuti proses akredtasi sesuai dengan  arahan dari tim Kemenkes RI,” Ujarnya.  

Sementara itum Bambang mengatakan akreditasi ini merupakan wahana pembinaan peningkatan mutu kinerja melalui perbaikan yang berkesinambungan terhadap sistem mutu, sistem manajemen penyelenggaraan upaya kesehatan masyarakat, upaya kesehatan perorangan dan penerapan manajemen resiko. 

Bambang menambahkan,  Kota probolinggo merencanakan seluru puskesmas megikuti kegiatan ini. “Seluruh Puskesmas di Kota Probolinggo dipersiapkan untuk mengikuti survey akreditasi dan kesemuanya dapat lulus dengan kategori paripurna , selanjutnya saya berharap puskesmas bisa memberikan pelayanan prima, pelayanan yang inovatif kepada seluruh lapisan masyarakat,” harapnya. (Mita_Humas).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.