Imbau Warga Tak Bakar Sampah dan Lahan Kering

Sebuah lahan yang kebakaran di Jalan Panglima Sudirman, Kelurahan Sukabumi, Kecamatan Mayangan. (Foto:Humas dan Protokol Setda Kota Probolinggo)
image_pdfimage_print

MAYANGAN – Sebuah kebakaran lahan terjadi, Kamis (15/8) siang, di Jalan Panglima Sudirman, Kelurahan Sukabumi, Kecamatan Mayangan. Tepatnya di lahan timur Taman Manula. Beruntung tidak ada korban jiwa atau kerugian material dalam peristiwa tersebut.

Kendati demikian, Kepala Dinas Satpol PP Agus Efendi Kota Probolinggo mengimbau masyarakat tidak membakar sampah atau lahan kering. “Selain bisa membahayakan, kesengajaan membakar pun bisa diproses secara hukum,” tegasnya.

Informasi terjadinya kebakaran didapat dari laporan masyarakat yang menghubungi petugas pemadam kebakaran. Segera petugas pengerahkan dua unit mobil PMK milik Pemerintah Kota Probolinggo dan polisi ke lokasi kejadian. Kurang dari 10 menit, kebakaran di lahan kering itu bisa diatasi. Api pun padam.

Di lokasi kejadian petugas menemukan sebuah sepeda yang diduga milik pelaku pembakaran lahan. “Kami serahkan ke pihak kepolisian. Diterima langsung oleh Kapolsek Mayangan sebagai barang bukti,” imbuh Agus Efendi.

Kepada masyarakat, mantan Kabag Humas dan Protokol ini menyampaikan, agar tidak membakar sampah sembarangan karena bisa berdampak pada lingkungan. “Apalagi membakar lahan yang berpotensi terjadi kebakaran besar. Kami berharap masyarakat bisa memahami itu,” tegasnya.

Agus juga berharap masyarakat berperan aktif menginformasikan kejadian di wilayahnya melalui layanan yang tersedia. Yaitu, layanan darurat 112. “Dengan layanan ini masyarakat bisa telpon bebas pulsa. Ada petugas yang siap melayani dan langsung turun ke lokasi,” ujar pria yang hobi olah suara ini. (famydecta/humas)

Petugas menyerahkan sepeda yang ditemukan di lokasi kejadian kepada kapolsek mayangan Kompol Firman. (Foto:Humas dan Protokol Setda Kota Probolinggo)