Olah Raga Tradisional, Upaya Lestarikan Tradisi

image_pdfimage_print

Kegiatan Pra Semipro (Seminggu di Kota Probolinggo) tahun 2017 sudah dimulai, Selasa (8/8).  Kegiatan pertama pra Semipro 2017 itu, di awali dengan lomba olah raga tradisional yang dilangsungkan di lapangan SMAN 4 Kota Probolinggo. Sebelum lomba dimulai, diadakan Apel pembukaan yang dipimpin langsung oleh Wali Kota Probolinggo, Rukmini. 

Turut hadir dalam apel tersebut, Sekretaris Daerah Kota Probolinggo Bambang Agus Suwignyo, Para Asisten Sekretaris Daerah, Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah), Ketua Umum Koni. Peserta apel sendiri adalah siswa-siswi SD/MI se-kota Probolinggo yang terbentuk dalam  17 Gugus, Kepala Sekolah se-Kota Probolinggo, dan perwakilan guru.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemoda, dan Olah raga (Disdikpora) Kota Probolinggo, Mohammad Maskur menyampaikan dalam laporannya bahwa lomba olahrga tradisional diadakan dengan tujuan melestarikan tradisi para leluhur. “Tradisi tersebut merupakan budaya bangsa yang saat ini mulai jarang dimainkan oleh masyarakat.  Untuk itu, lomba ini untuk mengenalkan olahraga tradisional yang belakangan sudah mulai dilupakan, serta dengan harapan olahraga tradisional agar terus berkembang dan dipopulerkan dimasyarakat,’ terangnya. 

“Acara ini berlangsung selama 4 hari kedepan, dengan agenda lomba olah raga Kasti, Hadang, Eggrang, dan Terompah panjang.  Peserta lomba berjumlah 685 personel. 6×17 tim Hadang, 3×47 tim Eggrang, 3×15 tim Kasti dan 3×51 tim Terompah Panjang,” tambah Maskur.

Wali Kota mengapresiasi penyelenggaraan lomba tradisional itu. “Saya sangat mengapresiasi seluruh peserta yang terlah berpartisipasi, para juri dan wasit.Saya harap kegiatan ini dapat berjalan dengan baik, semarak dan lancar, mudah-mudahan kita dapat mencetak bibit-bibit atlet olahraga tradisional sedari dini yang dapat membawa nama harum kota probolinggo khususnya, dan jawa timur umumnya,” tegasnya.

Sebagai tanda dibuka dan dimulai acara lomba olahraga tradisional, Rukmini melakukan pemukulan bola kasti secara simbolis bersama peserta lomba pertama dari kontingen Gugus 1. (Malinda/humas)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.