Lantik Pengurus PPNI, Wali Kota: Perawat Harus Segera Urus Izin Prakteknya

image_pdfimage_print

Wali Kota Rukmini secara resmi melantik Dewan Pengurus Daerah (DPD) Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Senin (7/8) di gedung Puri Manggala Bhakti. Dalam pelantikan tersebut, Eko Sudiwiharti resmi dilantik menjadi Sekretaris DPD PPNI Kota Probolinggo. Sedangkan Agus Wijaya didapuk menjadi Wakil Ketua DPD PPNI Kota Probolinggo.

Pelantikan ini juga sekaligus meresmikan pengurus DPD PPNI Kota Probolinggo sebanyak 60 perawat beserta anggotanya yang sejumlah perawat. Ketua DPD PPNI Kota Probolinggo, Agus Tri Wahyudi menyatakan hingga saat ini, jumlah perawat lulusan DIII yang ada di Kota Probolinggo sebanyak 80%. Sedangkan sisanya lulusan S1 keperawatan.

Dalam sambutannya, Agus menyatakan pihaknya akan berusaha untuk meningkatkan kualitas SDM para perawat yang ada di Kota Probolinggo dengan bekerjasama dengan institusi pendidikan agar anggotanya dapat melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi.

“Selain itu, kami juga mengusahakan izin praktek mandiri bagi para perawat tentunya bekerjasama dengan Dinas Kesehatan setempat. Ini sangat penting karena dari 38 Kabupaten/Kota di Jawa Timur, hanya Kota Probolinggo yang belum memiliki izin praktek mandiri bagi perawat,”  jelas Agus.

Menanggapi hal tersebut, Rukmini segera memerintahkan Kepala Dinkes setempat, Ninik Ira Wibawati untuk segera mengkondisikan penerbitan izin praktek mandiri bagi perawat mengingat hanya Kota Probolinggo saja yang belum memiliki izin praktek perawat.

“Penerbitan izin praktek perawat wajib difasilitasi oleh Dinkes. Harus segera direalisasi. Kalau perlu cari referensi ke daerah lain tentang sistem pengajuannya. Demikian juga dengan perawat harus pro aktif, jangan menunggu dari Dinkes. Harus segera diajukan kelengkapannya,” tutur Rukmini.

Sementara itu, Sekretaris Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PPNI Jawa Timur, Misutarno menyatakan salah satu visi perawat adalah agar dicintai pemerintah. Untuk merealisasikan hal tersebut, PPNI harus selalu mendukung program yang dicanangkan pemerintah.

“Tolong seluruh pengurus PPNI agar selalu membantu dan mendukung program pemerintah. Saat ini pemerintah tengah mencanangkan imunisasi campak dan rubella. PPNI harus terlibat dan mendukung hal tersebut. Bisa melalui pembuatan spanduk dan sosialisasi agar masyarakat tahu akan pentingnya imunisasi tersebut,” tegas Misutarno._alfienhandiansyah

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.