Wali Kota Minta Masyarakat Tak Lupa Jasa Pahlawan

Wali Kota Hadi Zainal Abidin saat menaburkan bunga ke makam salah satu pahlawan di Taman Makam Pahlawan, dalam Apel Kehormatan dan Renungan Suci dalam rangka HUT Kemerdekaan RI, Sabtu (17/8) dini hari. foto-foto: Welly Sujono (humas dan protokol)
image_pdfimage_print

KANIGARAN – Apel renungan suci dalam rangka Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, Sabtu (17/8) dini hari, sukses digelar. Tepat pukul 00.00 apel yang dipimpin Kapolres Probolinggo Kota AKBP Alfian Nurrizal berlangsung begitu khidmat. Renungan suci merupakan salah satu dari beberapa rangkaian kegiatan memeringati hari bersejarah bagi bangsa Indonesia.

Diawali penghormatan kepada arwah pahlawan dilanjutkan penyalaan obor besar di tengah Taman Makam Pahlawan Kota Probolinggo. Lalu Kapolres AKBP Alfian Nurrizal membacakan teks apel kehormatan dan renungan suci di hadapan ratusan makam pahlawan.

Tiba saatnya mengheningkan cipta, semua lampu dipadamkan. Hanya hidup beberapa obor yang dinyalakan oleh petugas. Kemudian pembacaan doa untuk para arwah pahlawan dan dilanjutkan tabur bunga oleh AKBP Alfian Nurrizal, Wali Kota Hadi Zainal Abidin, Wawali Mochammad Soufis Subri, Dandim 0820 Letkol Inf Imam Wibowo, Kajari Martiul, Pj Sekda Achmad Sudiyanto serta anggota Forkopimda dan undangan lainnya.

Suasana Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Kota Probolinggo, yang dipimpin Kapolres Probolinggo Kota AKBP Alfian Nurrizal berlangsung khidmat.

Peserta apel kehormatan dan renungan suci diikuti ASN di lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo serta anggota TNI dan Polri. Ada kesan mendalam yang dirasakan Wali Kota Habib Hadi, saat mengikuti kegiatan tersebut. Ini kali pertama Habib Hadi mengikuti kegiatan rangkaian HUT Kemerdekaan RI sebagai wali kota.

“Kesan yang kami rasakan bahwa saat ini, kita semua bisa merasakan ketenangan, kedamaian, ketentraman berkat pengorbanan dan perjuangan para pahlawan. Untuk itu, saya ingin menyampaikan kepada masyarakat Kota Probolinggo khususnya, janganlah kita melupakan jasa para pahlawan,” kata Habib Hadi.

Dengan pengorbanan jiwa dan raga untuk kemerdekaan bangsa Indonesia, lanjut wali kota, maka bangsa ini patut bersyukur dengan mendoakan arwah para pahlawan untuk mendapat tempat di sisi Allah SWT.

“Kita sebagai penerus bisa melanjutkan perjuangan sesuai dengan kemampuan yang ada,” sambungnya. Perjuangan masa kini yang dimaksud Habib Hadi salah satunya dengan menjaga kerukunan, kedamaian, ketentraman karena pejuang telah menghilangkan penjajah di Indonesia.

Ia pun mengajak semua masyarakat menciptakan kondisi aman, damai, tentram sehingga masyarakat merasakan tenang tinggal di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Selalu lakukan yang terbauk bukan untuk diri kita sendiri, tapi untuk generasi penerus. Sama halnya yang dilakukan para pahlawan yang mengorbankan jiwa raga untuk generasi saat ini. Jangan melakukan sesuatu karena pamrih, tapi lakukan untuk kebaikan kita semua,” harap wali kota untuk warganya. (famydecta/humas)

Wali Kota Hadi Zainal Abidin bersama Forkopimda dan undangan Apel Kehormatan dan Renungan Suci berfoto bersama usai menabur bunga.