Wali Kota melepasan kontigen Rainas XI Tahun 2017

image_pdfimage_print

Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Probolinggo mengirim kontingen peserta Rainas (Raimuna Nasional) XI Tahun 2017. Wali Kota Probolinggo, Rukmini di Gedung Sabha Bina Praja, Rabu (9/8) melepas kontingen Kota Probolingo itu. Rukmini sendiri merupakan Ketua Majelis Pembimbing Cabang Kwartir Cabang Kota Probolinggo.

Ketua Harian Kwartir  Cabang Kota Probolinggo, Indi Eko Yanuarto menjelaskan Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Probolinggo akan mengikuti dan mensukseskan pelaksanaan Raimuna Nasional ke XI tahun 2017 di Bumi Perkemahan Graha Wisata Cibubur Jakarta Timur pada tanggal 13 sampai dengan 21 Agustus 2017.  Para peserta akan berangkat tanggal  11 Agustus dan pulang tanggal 22 Agustus 2017.

“Kwarcab akan mengirim 24 anggota Pramuka. Mereka akan mewakili Kota Probolinggo pada kegiatan tersebut. Dari 24 anggota pramuka itu, terdiri dari peserta putra 12 orang, putri 12 orang,” tutur Indi.

Wali Kota meminta agar kontingen Kota Probolinggo bisa menunjukkan keseriusan, kesungguhan dan semangat serta motivasi tinggi dalam mengikuti seluruh rangkaian kegaitan mulai dari yang umum, petualangan, kecakapan hidup, wawasan, kewirausahaan, global development village bakti, seni budaya, wisata sampai pada kegiatan pilihan dan khusus.

“Tetap jaga kekompakan, kebersamaan serta tolong menolong di antara sesama angota pramuka, baik secara internal sesama kontingen Kota Probolinggo maupun dengan lainnya. Selalu ingat untuk menjadikan ajang Raimuna Nasional ini sebagai tempat belajar menimba ilmu sebagai bekal melangkah ke depan yang penuh tantangan,” harap Wali Kota.

Raimuna merupakan pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam bentuk perkemahan besar yang diselenggarakan oleh Kwartir Gerakan Pramuka. Raimuna diselenggarakan mulai dari tingkat Kwartir Ranting (kecamatan) hingga tingkat nasional.

Kata Raimuna itu sendiri berasal dari bahasa Ambai, daerah Yapen Timur, Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua. Kata Raimuna merupakan gabungan dua kata yaitu “Rai” dan “Muna”. “Rai” berarti sekelompok orang yang berkumpul untuk mencapai tujuan tertentu yang ditetapkan bersama. Sedangkan “Muna” adalah daya kekuatan jiwa seseorang yang berpengaruh baik dalam mencapai kesuksesan. Raimuna memiliki arti sekelompok orang yang hidup dalam suatu kekuatan dengan dijiwai oleh sesuatu daya kekuatan yang selalu memberi semangat tinggi dalam mencapai tujuan.  (Mita_Humas)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.