Hidup Sehat Hindari Kanker Serviks

image_pdfimage_print

Dinas Pendidikan Kota Probolinggo menggelar sosialisasi kanker serviks pada masyarakat dalam upaya peningkatan kapasitas kader di posyandu, di Puri Manggala Bhakti, Rabu (9/8). Acara tersebut dibuka Wali Kota Probolinggo Rukmini dihadiri Asisten Pemerintahan Acep Arief Hidayat, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), anggota TP PKK, Ketua Dharma Wanita dan kader posyandu se-Kota Probolinggo.

Sekretaris Dinas Kesehatan Ahmad Taufiqur Rohman menginformasikan peserta dalam kegiatan sosialisasi kanker serviks pada masyarakat dalam upaya peningkatan kapasitas kader di posyandu sebanyak 225 orang.. “Acara ini bertujuan untuk menyosialisasikan kepada masyarakat untuk mencegah terjadinya kanker serviks,” ujarnya.

Dalam sambutannya,  Wali Kota Rukmini menjelaskan, kanker serviks adalah kanker yang muncul pada leher rahim wanita. Leher rahim sendiri berfungsi sebagai pintu masuk menuju rahim dari vagina. Dan kanker ini menjadi pembunuh nomer satu bagi perempuan Indonesia. Sementara kanker payudara, merupakan penyakit dengan kasus terbanyak kedua setelah kanker serviks. 

Kanker dapat dicegah dan diperlukan kesadaran masyarakat, salah satunya pencegahannya menjaga kebersihan dan memeriksa kesehatan dengan cara Pap Mear atau IVA ( Inspeksi Visual dengan Asam Asetat). ”Penderita kanker bisa dikurangi dengan membiasakan hidup sehat, seperti rajin berolah raga, makan sayuran, buah-buahan, menghindari makanan yang berpengawet dan menghindari dari alkohol, rokok maupun asap rokok,” jelas wali kota.

Wali Kota berharap, para kader se-Kota Probolinggo terpilih menjadi duta kanker serviks. Ibu kader posyandu sebagai pilar dan ujung tombak dalam menjalankan program Pemerintah Kota Probolinggo di bidang kesehatan. “Saya berharap kepada  ibu kader untuk membagikan pengetahuannya atau ilmunya yang didapat pada sosialisasi ini. Kemudian informasikan sosialisasi ini ke ibu-ibu di sekitarnya,” harapnya. (noviati/humas)

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.