Wali Kota Tinjau Pembudidaya Ikan Air Tawar

image_pdfimage_print

Meskipun Kota Probolinggo memiliki potensi ikan laut yang melimpah, tidak serta merta potensi ikan air tawar dilupakan. Setidaknya, ada 155 orang yang membudidayakan ikan air tawar di Kota Probolinggo. Jumlah produksi mencapai 271,74 ton dengan potensi produksi 300 ton pada tahun 2016. Luasan lahan yang digarap para pembudidaya mencapai 8,8 ha. 

 Guna membina para pembudidaya ikan air tawar tersebut, Wali Kota Rukmini, Kamis (10/8) mengunjungi kelompok pembudidaya air tawar Wahana Sentosa.  Kelompok yang berlokasi di Jl. Sunan Bonang, Kelurahan Jrebeng Wetan, Kecamatan Kedopok itu, membudidayakan beberapa jenis ikan air tawar seperti lele, gurame dan patin. 

Saat ini, kelompok itu mencoba untuk mebudidayakan ikan sidat. Ikan yang mirip dengan belut ini memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi. Menurut petugas dari Dinas Perikanan, harga ikan sidat bisa mencapai Rp. 200 ribu per kg. Ikan jenis ini disuplai ke restoran-restoran Jepang, atau sebagai komoditas ekspor. 

Wali Kota meminta Dinas Perikanan untuk lebih intens berkomunikasi dengan pembudidaya. ”Kalau ada permasalahan terkait pembudidayaan, langsung saja disampaikan. Saya melihat usaha budidaya ikan air tawar di Kota Probolinggo cukup prospektif. Potensi ini harus dikembangkan. Ini salah satu upaya meningkatkan perekonomian masyarakat,” ujar Wali Kota. 

Sementara itu Budi Krisyanto, Kepala Dinas Perikanan Kota Probolinggo mengungkapkan roadshow kunjungan Wali Kota itu merupakan wahana pembinaan bagi pembudidaya ikan air tawar di Kota Probolinggo. “Wali Kota dapat secara langsung bersilaturahim dengan pembudidaya. Dengan demikian Wali Kota dapat lebih memahami kemajuan usaha para pembudidaya, serta memberikan solusi terhadap masalah yang dihadapi para pembudidaya ini”, ungkap Kepala Dinas Perikanan itu. 

Dalam kesempatan itu, Wali Kota juga menerima bantuan apartemen ikan dari Dinas Kelautan dan Perikanan propinsi Jawa Timur secara simbolis. Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyerahkan 225 buah apartemen ikan kepada Pemerintah Kota Probolinggo. Wali Kota juga merangkai terumbu karang di apartemen ikan yang memiliki ukuran 60 cm X 60 cm. (abdurhamzah/humas)

  

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.