Upacara Penurunan Bendera, Kajari jadi Inspektur Upacara

Suasana saat paskibraka menurunkan bendara merah putih. (Foto: Rifki/Humas dan Protokol Setda Kota Probolinggo)
image_pdfimage_print

MAYANGAN – Upacara penurunan bendera dalam rangka memperingati HUT ke – 74 Republik Indonesia, berlangsung lancar. Bertempat di Alun – Alun Kota Probolinggo, Sabtu (17/8). Acara dihadiri Wali Kota Hadi Zainal Abidin, Wakil Wali Kota Mochammad Soufis Subri, Kapolres Probolinggo Kota AKBP Alfian Nurrizal, Kepala Pengadilan Negeri Darwanto dan Komandan Kodim 0820 Letkol Inf Imam Wibowo. Bertindak sebagai Inspektur Upacara Ketua Kejaksaan Negeri Kota Probolinggo, Martiul.

Acara ini diawali dengan pertunjukan aubade yang ditampilkan oleh kelompok paduan suara Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga setempat. Mereka tampil dengan membawakan lagu Hari Merdeka (17 Agustus 1945) dan Dirgahayu Indonesiaku.

Acara dilanjutkanprosesi penurunan bendera merah putih yang dipimpin oleh Komandan Paskibraka. Penurunan bendera merah putih berlangsung tanpa celah. Meski angin di Alun – alun cukup kencang, tidak menjadi hambatan bagi pasukan 8 untuk menurunkan sang saka. Hal ini diakui oleh pelatih mereka, Pelda Puryadi dari Kodim 0820 Probolinggo sebagai hasil dari latihan keras selama 17 hari.

“Untuk Pelatihan Paskibraka ini kita mengikuti peraturan dari Panglima TNI tentang Peraturan Baris Berbaris (PBB), yaitu PBB murni dari TNI. Siswa – siswi ini berlatih dengan keras dan penuh tanggung jawab. Ini yang menjadikan semua tugas yang diemban berjalan sesuai dengan rencana,” ujar Puryadi.

Pasukan 8 terdiri dari, Sri Wahyuni Ratika Dini dan Dheariska Ferliana Wicahyo (pembawa baki) dari SMAN 1; Ahmad Yusri Mahendra (SMAN 4), Rahul Rifaldi dan Rahmat Rahmadhani Rahman dari SMKN 1 (pengibar bendera); Ridha Fauziyya Rahma, Devvina Byandini Hanif Prasetya dan Hasna Salsabila Farras Effendi dari SMAN 1 bertugas sebagai serpihan. (mita/humas)