Lomba Gerak Jalan Bagi Pendidik Peringati Kemerdekaan

Salah satu peserta gerak jalan saat hormat kepada Wakil Wali Kota Soufis Subri. (Foto: Rifki/Humas dan Protokol Setda Kota Probolinggo)
image_pdfimage_print

MAYANGAN – Lomba gerak jalan yang diikuti kalangan pendidik dalam rangka HUT Republik Indonesia ke-74 tahun 2019 berlangsung Rabu (21/8) pagi. Sebanyak 54 regu menunjukkan aksinya saat start di Jalan Ahmad Yani, tepat di depan fasilitas kesehatan milik kepolisian.

Kostum yang digunakan pun beragam mulai tema perjuangan, suku di Indonesia, baju olahraga dan sebagainya. Peserta harus menempuh jarak sekitar 2,8 KM melintasi Jalan Ahmad Yani – Jalan Suyoso – Jalan Diponegoro – Jalan Suroyo – Jalan Imam Bonjol – Jalan Letjen Suprapto – Jalan Ahmad Yani (kembali ke Alun-alun).

Peserta gerak jalan meliputi dewan guru dan karyawan di lingkungan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora), Kementerian Agama Kota Probolinggo dan Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur.

“Lomba gerak jalan dapat membangun watak sekaligus menumbuhkan sifat patriotisme untuk menghargai para pejuang,” kata Kabid Pemuda dan Olahraga Disdikpora Didit Irwanto. Kriteria penilaian meiputi kerapian, kekompakan dan kedisplinan.

Peserta regu pertama dilepas oleh Wawali Mochammad Soufis Subri bersama Dandim 0820 Letkol Inf Imam Wibowo dan Wakapolres Probolinggo Kota Kompol Imam Puji. Hadir pula dalam kegiatan pagi itu Pj Sekda Achmad Sudiyanto, Staf Ahli Paeni, Asisten Administrasi Umum Budiono Wirawan dan beberapa kepala OPD.

Menurut Wawali Subri, gerak jalan merupakan salah satu implementasi dari terjemahan dicetuskannya semangat perjuangan. Karena dimensi lomba gerak jalan tidak hanya baris-berbaris, fisik, kesehatan, kedisplinan, kekompakan dan kebersamaan serta bentuk mengisi kemerdekaan Indonesia.

“Apapun bidang perkerjaan kita, kita membutuhkan semangat yang tinggi dan mumpuni dalam menjalankan tugas. Saya mengapresiasi kegiatan ini untuk diadakan secara rutin tiap tahun dengan kualitas dan kuantitas yang lebih besar,” kata wawali. (famydecta/humas)

Salah satu peserta gerak jalan saat hormat kepada panitia dan tamu undangan (Foto: Rifki/Humas dan Protokol Setda Kota Probolinggo)