Wali Kota Lepas Gerak Jalan Pelajar

Wali Kota Probolinggo saat melepas gerak jalan pelajar. (Foto: Rifki/Humas dan Protokol Setda Kota Probolinggo)
image_pdfimage_print

MAYANGAN – Setelah lomba gerak jalan bagi kalangan pendidik dan karyawan di lingkungan Disdikpora Kota Probolinggo ikut gerak jalan dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-74, Rabu (21)/8) pagi. Kini giliran lomba gerak jalan bagi kalangan pelajar mulai dari SD sampai SMA se-Kota Probolinggo, Kamis (22/8) dilepas oleh Wali Kota Hadi Zainal Abidin.

Lomba gerak jalan sepanjang 3 kilometer itu diikuti 108 regu SD/MI, 36 regu SMP/MTs dan 39 regu SMA/MA/SMK baik negeri dan swasta. Mengambil start di depan TK Tunas Harapan di Jalan Suroyo, lalu melintasi jalan protokol. Peserta lomba mengakhiri gerak jalan di depan pendapa Kabupaten Probolinggo di Jalan Ahmad Yani.

Yang menarik, dalam lomba ini tidak seperti gerak jalan yang diikuti pendidik. Kostum pelajar lebih sederhana mengenakan seragam sekolah masing-masing. Ada yang pakaian seragam putih merah, putih hijau atau pramuka. Berbeda dengan kostum gerak jalan kemarin (21/8) yang heboh.

Para peserta gerak jalan sangat antusias dan bersemangat untuk menampilkan yang terbaik. (Foto: Rifki/Humas dan Protokol Setda Kota Probolinggo)

“Kami buat seadanya, memakai seragam sekolah. Tidak boleh mengada-ada biar tidak merepoti atau memberatkan orangtua masing-masing. Mau pakai seragam putih, pramuka atau batik tidak apa-apa. Mau menambah hiasan seperti slempang atau pita juga tidak masalah. Meski demikian tidak mengurangi makna dari kegiatan ini,” ujar Ketua Panitia, Didit Irwanto.

Kegiatan gerak jalan ini pun direspon positif oleh Wali Kota Hadi Zainal Abidin, yang hadir bersama perwakilan forkopimda. Dengan mengikuti lomba ini, Habib Hadi berharap peserta dapat mengambil hikmah dan manfaatnya.

“Anak-anak bisa lebih disiplin, menjaga kekompakan dan mengetahui dasar dari ilmu baris-berbaris. Saya melihat anak-anak sangat bersemangat saat melintasi di depan kami dan melakukan gerakan baris-berbaris. Semoga bisa memupuk semangat mereka menghargai perjuangan pahlawan kemerdekaan dengan kemeriahan rangkaian kegiatan peringatan 17 Agustus yang diadakan oleh Pemerintah Kota Probolinggo,” kata Habib Hadi. (famydecta/humas)