GRAND FINAL LOMBA KERONCONG REMAJA

image_pdfimage_print

Semipro (Seminggu di Kota Probolinggo) merupakan rangkaian kegiatan seni dan budaya Kota Probolinggo, diantaranya adalah lomba keroncong remaja. Lomba ini diikuti oleh para pelajar se-Kota Probolinggo, mulai dari tingkat SD/MI sampai dengan SMA/sederajat. 

“Kita mengirim undangan keseluruh sekolah-sekolah se-Kota Probolinggo, mulai dari SD/MI sampai SMA/sederajat,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Agus Efendi. Dia menambahkan setiap sekolah tidak dibatasi dalam mengirim peserta, boleh mengirim lebih dari satu peserta. 

Agus pun mengatakan bahwa tahun ini sangat mengalami kemajuan yang sangat signifikan. “Selain diikutkannya siswa SD tahun ini, peserta kali ini meningkat pesat dua kali lipat,” kata Agus. Tahun ini, peserta keroncong remaja berjumlah 82 orang, dengan rincian peserta SD 22 orang, SMP/MTs berjumlah 27 orang, dan 33 peserta dari tingkat SMA/sederajat.

Agus menjelaskan tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan kualitas dan produktifitas pegiat kesenian, khususnya keroncong. “Selain itu untuk menumbuhkembangkan bakat-bakat dan minat para pelajar dalam mempelajari keroncong,” tambahnya.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Akhmad Sudianto yang menghadiri grand final lomba keroncong remaja ini pun sangat mengapresiasi kegiatan ini. “Saya sangat bangga kepada para a peserta dalam lomba ini karena selama ini keroncong lebih dipandang sebelah mata, mengingat generasi sekarang lebih cenderung mendengarkan musik yang kebarat-baratan. Ini menunjukkan bahwa generasi muda masih peduli dengan budaya lokal,” katanya. Dia juga sangat berterima kasih kepada para pembina kesenian keroncong dan mendorong  untuk terus berkesenian.

Para peserta menunjukkan performa terbaik mereka untuk mendapatkan nilai terbaik dari juri. Kali ini, Disbudpar mendatangkan juri dari Jember, Lumajang, dan Malang untuk menilai penampilan para peserta. Berbagai lagu dinyanyikan dengan apik oleh para peserta, diantaranya Tanah Air, Selendang Sutra, Bengawan Solo, dsb. Lomba ini diadakan selama dua hari, mulai hari Jumat-Sabtu (11-12 Agustus). (hariyantia/humas)

 

PEMENANG TINGKAT SD

NO PEMENANG        NAMA

1     JUARA I           JAMILATUZ ZEHRO

2     JUARA II          INDAH AYU RIZQIA PUTRI

3     JUARA III         RARA

 

PEMENANG TINGKAT SMP/MTs

NO   PEMENANG         NAMA

1      JUARA I               SESSILIA PUTRI MAHARANI

2      JUARA II              NADHIRA NURAINI IFTITAH

3      JUARA III             GRACIA SENKWEN VEMA R.

4      JUARA IV             SATRIA DAFFA ATHALLAH D

5      JUARA V              RAIHAN ARDIANSYAH PRATAMA

6      JUARA VI             MUHAMMDAF LODYA ANDIKA

  

PEMENANG TINGKAT SMA/SMK/MA

NO    PEMENANG       NAMA

1       JUARA I               CITRA BELA

2       JUARA II              DEA SARAWATI PRAMANINGRUM

3       JUARA III             MICHEL STEVENT LOREN

4       JUARA IV             SYAHRIZAL ZEBUA

5       JUARA V              IGNATIUS AGENG PRASETYA

6       JUARA VI             INTAN WAHYUNING PURNAMASARI

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.