Walikota Menerima Lencana Darma Bakti

image_pdfimage_print

Tanggal 14 Agustus diperingati sebagai Hari Pramuka (Praja muda karana) Indonesia. Tahun ini merupakan peringatan ke-56, seluruh gerakan Pramuka se-Indonesia melaksanakan upacara apel hari Pramuka. Begitu pula dengan Wakil Daerah Jawa Timur melaksanakan apel di halaman Gedung Negara Grahadi Surabaya. Gubernur Jawa Timur Soekarwo selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Kwarda) gerakan Pramuka Jawa Timur bertindak sebagai Pembina Apel.

Apel tersebut dihadiri oleh 1.500 undangan dan peserta apel dari seluruh Kwartir gerakan Pramuka se-Jawa Timur. Wali Kota Rukmini selaku Ketua Mabicab (Majelis pembimbing cabang) Kota Probolinggo juga nampak hadir bersama beberapa pengurus lainnya.

Kehadiran Rukmini tak hanya menjadi tamu undangan biasa, namun Ia menerima penganugerahan tanda penghargaan gerakan pramuka berupa lencana Darma Bakti dari Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) gerakan Pramuka. Dari 38 Kota/Kabupaten se-Jawa Timur hanya 3 Kepala Daerah yang berhasil mendapatkan, diantaranya Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas Ketua Mabicab Banyuwangi, Wali Kota Probolinggo Rukmini Ketua Mabicab kota Probolinggo, dan Wali Kota Ngawi Budi Sulistiyono Ketua Mabicab Kota Ngawi.

Lencana Darma Bakti disematkan oleh Pakde Karwo sapaan Gubernur Jawa Timur pada saat apel berakhir. Dalam kesempatan itu pula, Pakde karwo membacakan sambutan Ketua Kwarnas Adhyaksa Dault. Sebelumnya Pakde Karwo mengatakan, “ Pramuka yakni direktori, suatu perintah untuk melaksanakan sesuatu. Oleh karena itu, dengarkan dengan seksama agar materi yang diminta oleh Ketua Kwartir Nasional menjadi pedoman kegiatan satu tahun kedepan,” ungkapnya.

Dalam sambutannya Ketua Kwarnas menjelaskan bahwa pada peringatan hari Pramuka ke-56 tahun 2017 ini mengusung tema “bekerja untuk kaum muda, mewariskan yang terbaik bagi bangsa”, mengindikasikan bahwa gerakan pramuka tetap konsisten dan fokus dalam mendidik kaum muda berkarakter. Melalui berbagai kegiatan yang lebih melibatkan kaum muda untuk mewariskan yang terbaik bagi bangsa, utamanya menyiapkan generasi mileneal untuk menjadi pemimpin terbaik bagi bangsanya.

Setahun lalu, Presiden RI selaku Ketua Mabinas gerakan pramuka mengingatkan kita untuk dapat memanfaatkan dengan baik media sosial. “Alhamdulillah, kami telah merespons dengan cepat. saat ini, gerakan Pramuka memiliki tagline yaitu “setiap Pramuka adalah kantor berita”, yang artinya bahwa anggota Pramuka harus lebih aktif, produktif, dan kreatif dalam menyuarakan atau mengabarkan keadaan di sekitarnya. menolak berita palsu atau hoax, “terangnya.

Pramuka tidak sekedar hanya menjadi konsumen informasi, tapi juga menjadi produsen informasi. Selain memberitakan informasi di media sosial, Pramuka juga merespons dan menolongnya di tempat. Inilah spirit baru gerakan pramuka di era digital. Keberadaan gerakan Pramuka baik di media sosial maupun di dunia nyata harus lebih terasa kehadirannya. bukan sekedar 

“Saya selaku Ketua Kwarnas gerakan Pramuka tetap mengharapkan dukungan dari berbagai pihak. kepada Pemerintah, saya berharap agar gerakan Pramuka selalu diberi ruang dan dukungan untuk dapat terus merealiasikan visi-misinya, khususnya terhadap pelaksanaan pembentukan karakter kaum muda Indonesia di seluruh tanah air,”harap Ketua Kwarnas.

Disamping itu Sekretaris Kwarcab (Kwartir cabang) gerakan Pramuka Kota Probolinggo Aliek Som menjelaskan,  penganugerahan tanda penghargaan lencana Darma Bakti merupakan penghargaan karena jasa-jasanya terhadap pengembangan gerakan Pramuka. 

Pemerintah Kota Probolinggo selama ini sudah memberikan dukungan yang sangat besar dalam pengembangan karakter anak didik khususnya pada Pramuka, dengan memberikan bantuan dana demi kemajuan gerakan Pramuka di Kota Probolinggo. “Menurut saya, sudah pantas Bu Wali menerima penghargaan tersebut.” Ucapnya sambil tersenyum. 

Aliek Som berharap kedepannya Pramuka semakin jaya dan kepada adik-adik Pramuka untuk tidak pernah berhenti belajar untuk mengejar cita-cita. (malinda)

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.