Wali Kota Hadiri Paripurna Istimewa DPRD

image_pdfimage_print

Agenda pertama rangkaian peringatan HUT ke 72 Republik Indonesia dibuka dengan pidato kenegaraan Presiden Republik Indonesia, di Ruang Sidang Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Rabu (16/8). Sebagaimana DPR RI, DPRD seluruh Indonesia termasuk DPRD Kota Probolinggo juga menggelar rapat paripurna istimewa mendengarkan pidato presiden tersebut. Agenda yang digelar di ruang sidang utama DPRD Kota Probolinggo tersebut dihadiri oleh Wali Kota Probolinggo, Rukmini. 

Dalam pidatonya, Presiden Joko Widodo menekankan beberapa hal, di antaranya penekanannya bahwa tidak ada lembaga negara yang memiliki kewenangan absolut. Artinya semua lembaga tinggi Negara memiliki posisi yang sama. “Itu adalah ciri dari Republik Indonesia. Semua lembaga negara tidak ada yang absolut,” tegasnya. 

Selain itu, Presiden juga menyoroti soal pemerataan ekonomi yang berkeadilan. “Indeks gini Indonesia pada September 2014 berada pada 0,414 sementara pada Maret 2017 sudah berada pada 0,393. Ini harus terus kita tekan, meskipun saya akui tidak semua masyarakat kita menima pemerataan ekonomi yang berkeadilan,” ungkap Presiden. 

Joko Widodo mengingatkan kepada semua lembaga negara akan tantangan yang paling penting dari ancaman ekstremisme dan radikalisme. “tantangan yang paling penting adalah mendapatkan kepercayaan tinggi dari rakyat. Saya mengingatkan kita semua untuk menjadikan rakyat sebagai poros dalam jiwa setiap lembaga Negara,” ingat Presiden ke-7 itu.

Ketua DPRD Kota Probolinggo Agus Rudiyanto Ghaffur menyatakan pidato kenegaraan Presiden itu sangat penting bagi anggota DPRD Kota Probolinggo. “Pidato kenegaraan Presiden ini sangat penting bagi kita sebagai anggota DPRD. Banyak informasi yang harus kita transfer kepada konstituen saat kita melaksanakan jaring aspirasi masyarakat,” ungkap Agus. 

Selesai acara, Wali Kota Probolinggo menyalami seluruh peserta rapat. Tampak hadir anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), seluruh Kepala Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) serta seluruh Lurah. (abdurhamzah/humas)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.