Resmi Dilantik, Begini Harapan Wali Kota pada 30 Anggota DPRD Baru

Suasana proses pelantikan anggota DPRD Kota Probolinggo periode 2019-2024. (Foto: Welly/Humas dan Protokol Setda Kota Probolinggo)
image_pdfimage_print

MAYANGAN – Sabtu (24/8) menjadi hari bersejarah bagi 30 anggota DPRD Kota Probolinggo masa jabatan 2019-2024. Mereka resmi dilantik dan melanjutkan perjuangan wakil rakyat sebelumnya yang sudah mengakhiri masa jabatan, tepat saat DPRD baru dilantik oleh Ketua Pengadilan Negeri Kota Probolinggo, Darwanto.

Ke-30 anggota dewan itu terbagi dalam tiga daerah pemilihan (dapil). Di dapil I, dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ada Abdul Mujib, Mohamad Jalal, Eko Purwanto; Partai Gerindra, Heri Poniman; PDI Perjuangan, Haris Nasution dan Imam Hanafi; Partai Golkar, Masda Putri Amelia dan Muchlas Kurniawan; Partai Nasdem, Sibro Malisi; Partai Keadilan Sejahtera, Syaiful Rohman (PKS); Partai Persatuan Pembangunan (PPP), David Rosidy; Partai Demokrat, Sri Wahyuningsih.

Dari dapil II, dari PKB Machrus Ali dan Moh Muizzuuddin; Partai Gerindra Hamid Rusdi; PDI Perjuangan Andri Purwo Hartono dan Mochammad Bebun; Partai Golkar Fernanda Zulkarnain dan Farina Churun Inin; Partai Nasdem Elyas Aditiawan; PPP Robit Ryanto dan Partai Demokrat Heru Estiadi.

Sedangkan dapil III Syaifudin dari PKB; Aminuddin dari Partai Gerindra; Abdus Syukur dari Partai Golkar; Partai Nasdem, Sri Warsini; PKS, Tri Atmojo Adip Susilo dan Zainul Fatoni dari PPP.

Rapat paripurna DPRD Kota Probolinggo dalam acara pengucapan sumpah/ janji anggota DPRD Kota Probolinggo tahun 2019-2024 sesuai dengan SK Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, nomor 171.45/867/011:/2019 tentang peresmian pengangkatan anggota DPRD Kota Probolinggo tahun 2019-2024.

Dalam paripurna itu, juga langsung ditunjuk pimpinan sementara hingga alat kelengkapan dewan terbentuk. Yakni terpilih, Ketua DPRD Abdul Mujib (PKB) dan Wakil Ketua DPRD Haris Nasution (PDIP). Mereka yang duduk sebagai pimpinan adalah partai peraih suara tertinggi.

“Kami akan berusaha semaksimal mungkin menjalankan tugas, menyalurkan aspirasi masyarakat Kota Probobolinggo. Kami mohon doa restu dari para hadirin dan lapisan seluruh masyarakat dalam menjalankan tugas,” ujar Ketua DPRD sementara Abdul Mujib.

Selanjutnya dewan akan membahas penentuan pimpinan definitif. “Untuk itu kami memerlukan dukungan penuh dari berbagai pihak, serta menjalin keharmonisan antara eksekutif dan legislatif. Kami mengimbau adanya keterpaduan dan kebersamaan antara pemerintah daerah untuk mencapai pemerintahan yang berdaya guna dan berhasil guna. Mewujudkan dan menyejahterahkan masyarakat harus diselaraskan,” imbuh Abdul Mujib.

Wali Kota Habib Hadi saat sambutan pada acara pelantikan anggota DPRD Kota Probolinggo. (Foto: Welly/Humas dan Protokol Setda Kota Probolinggo) 

Sementara itu, Wali Kota Hadi Zainal Abidin menuturkan rasa terima kasih kepada anggota DPRD Kota Probolinggo tahun 2014-2019 yang telah menjalankan tugas bersama-sama pemerintah dengan sangat baik.

“Untuk anggota dewan yang baru, saya ucapkan selamat mengemban amanah. Semoga dapat membawa aspirasi masyarakat dan bersama pemerintah mewujudkan Kota Probolinggo lebih baik. Karena banyak program yang dibutuhkan masyarakat dan itu perlu kebutuhan dari anggota dewan juga,” kata Habib Hadi –sapaan akrab wali kota-.

Pihaknya pun berharap bisa terjalin komunikasi dan sinergi yang baik dengan dewan yang baru dalam menjalankan program pemerintah ke depan. “Keberhasilan yang telah dicapai oleh anggota DPRD sebelumnya dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan dan lahir inovasi baru demi kesejahteraan dan kemashlahatan masyarakat Kota Probolinggo,” harap wali kota. (famydecta/humas)