Tahun 2020, Jargas akan Dipasang di Kecamatan Kademangan

Wakil Wali Kota saat melepas peserta jalan sehat. (Foto: Rizal/Humas dan Protokol Setda Kota Probolinggo)
image_pdfimage_print

Kademangan- Kecamatan Kademangan akan mendapatkan sambutan jaringan gas (Jargas). Begitulah informasi yang disampaikan oleh Camat Kademangan, Pujo Agung Satrio dalam kegiatan jalan santai, yang digelar untuk memperingati hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, oleh warga RW.2 Kelurahan Pohsangit Kidul, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo, Minggu (25/8) pagi. Kegiatan jalan santai ini juga dihadiri oleh Wakil Wali Kota Probolinggo, Muhammad Soufis Subri.

Sebenarnya, program jargas sudah berjalan pada tahun lalu, dan sudah dipasang di berbagai kota dan kabupaten se-Indonesia. Khusus untuk Kota Probolinggo, program jargas sudah di pasang di wilayah Kecamatan Mayangan. Awalnya, Kecamatan Kademangan mendapatkan kuota 5.000 sambungan jargas dan hanya diproyeksikan di Kelurahan Pilang dan Kelurahan Ketapang. Ternyata, dari dua kelurahan tersebut belum mencukupi kuota. Untuk menambah kekurangan kuota tersebut, pemasangan jargas di tambah di Kelurahan Triwung Kidul dan Kelurahan Triwung Lor.

Seiring berjalannya waktu, Kecamatan Kademangan mendapatkan tambahan kuota 1.500 sambungan jargas. Untuk mencukupi tambahan kuota tersebut, maka sambungan jargas akan disalurkan di Kelurahan Kademangan dan Kelurahan Pohsangit Kidul. Untuk pendataan jargas ini melalui aplikasi secara online. “ Ibu-ibu jangan takut, jargas ini lebih aman, praktis dan tidak meledak. Ibu- Ibu tidak perlu membeli tabung gas, cukup dengan jargas ini.  Dan untuk metode pembayaran jargas ini sesuai penggunaan gas yang telah dipakai, seperti berlangganan air bersih atau listrik,” ucap Pujo.

Tahun ini, masih pendataan dan pemasangan pipa akan dipasang pada tahun 2020. Pujo juga menghimbau kepada seluruh warga Kecamatan Kademangan agar tidak menolak adanya program jargas ini karena program ini gratis.  “ Semoga kuota jargas di wilayah Kecamatan Kademangan bisa tercukupi. Saya berharap dengan program ini bisa mensejahterakan  masyarakat di wilayah Kecamatan Kademangan,”imbuhnya.

Sementara itu, Wawali menyampaikan momentum HUT RI ke-74 ini, bentuk kebersamaan yang kita bangun, kekompakan serta kedamaian kerukunan sesama masyarakat. Itu, merupakan modal dasar untuk membangun Kota Probolinggo lebih baik. “ Jangan mau dipecah belah dalam masalah apapun. Marilah kita bersama-sama untuk membangun Kota Probolinggo lebih baik,”ujarnya.

Subri juga menghimbau kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan. Karena, tugas terberat kami saat ini salah satunya mengatasi sampah di Kota Probolinggo.” Sebagus apapun Pembangunan Kota Probolinggo tetapi tidak diiringi kesadaran dari masayarakat terkait sampah maka kotanya tidak menjadi kota yang indah. Saya berharap seluruh masyarakat Kota Probolinggo bisa  menjaga keindahan Kota Probolinggo dengan cara tidak membuang sampah sembarangan, “ucapnya. Wawali melepas peserta jalan santai dengan ditandai dengan pelepasan burung. Jalan santai ini diikuti oleh seluruh warga dengan berbagai hadiah. (Noviati/Humas)