Pemkot – Flipmas Jatim Jalin Kesepakatan Terkait PUD

Penandatanganan kesepakatan bersama antara Wali Kota Hadi Zainal Abidin dengan Ketua Flipmas Legowo Jatim Eny Dyah Yuniwati. (Foto: Rizal/Humas dan Protokol Setda Kota Probolinggo)
image_pdfimage_print

KANIGARAN – Pemerintah Kota Probolinggo menjalin kerja sama dengan Forum Layanan Iptek Bagi Masyarakat (Flipmas) Legowo Jawa Timur. Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan kesepakatan bersama antara Wali Kota Hadi Zainal Abidin dengan Ketua Flipmas Legowo Jatim Eny Dyah Yuniwati, Rabu (28/8).

Bertempat di Sabha Bina Pradja, penandatanganan kerja sama dalam bidang Produk Unggulan Daerah (PUD) itu disaksikan anggota Flipmas yang berasal dari berbagai universitas serta Pj Sekda Achmad Sudiyanto, Asisten Pemerintahan Gogol Sudjarwo dan sejumlah kepala OPD seperti Bappeda Litbang, Dinas Perikanan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Dinas Lingkungan Hidup dan DKUPP.

Eny Dyah menjelaskan, perguruan tinggi yang tergabung dalam Flipmas bersinergi untuk pengabdian kepada masyarakat. Flipmas mempunyai kepengurusan di Jakarta dan 33 provinsi. Ia pun berterimakasih atas kepercayaan pemkot bisa memulai kerjasama dalam bidang pendidikan dan penelitian dengan seluruh perguruan tinggi di Jawa Timur.

“(kerja sama ini) Memecahkan masalah dan membangun Kota Probolinggo yang mempunyai niatan baik menyelesaikan persoalan terutama produk unggulan daerah. Selanjutnya akan kami sinergikan dengan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) untuk mengajukan proposal,” jelas perempuan bergelar Doktor itu.

Flipmas, menurut Eny, akan memberikan peran serta bagi UMKM yang ada di Kota Probolinggo. Menjadi mitra yang bisa menyelesaikan permasalahan yang berkembang di Kota Probolinggo. “Kemudian ditindaklanjuti dengan OPD terkait yang akan memberi pendampingan bersama kami dalam program-program untuk UMKM yang ada,” terangnya.

Kerja sama ini akan ditindaklanjuti setelah menyerahkan berkas penandatanganan pada September mendatang. “Semoga bisa memberikan manfaat untuk masyarakat dan Pemerintah Kota Probolinggo,” imbuh dosen dari Universitas Wisnuwardhana ini.

Tidak hanya Eny, Wali Kota Habib Hadi pun menyambut kerja sama ini agar Pemerintah Kota Probolinggo bisa mendapat masukan dan sama-sama memikirkan jangka panjang ke depan. “Universitas bisa memberikan bantuan kepada kami. Poin pentingnya kesepakatan bersama bisa kita lakukan sebaik-baiknya,” kata wali kota.

Secara umum, kerja sama dengan berbagai pihak untuk membangun Kota Probolinggo sudah menjadi harapan wali kota. Sesuai dengan prinsip kerja sama bahwa Pemerintah Kota Probolinggo sebagai penyelenggara daerah dan Flipmas menghimpun pengabdian pada masyarakat. (famydecta/humas)