Ragam Seni dan Hiburan di Malam Pertama Panggung Utama Semipro XI

Salah satu kesenian etnis Arab yang memeriahkan Semipro. (Foto:Rifki/Humas dan Protokol Setda Kota Probolinggo)
image_pdfimage_print

Mayangan– Agenda Semipro (Seminggu di Kota Probolinggo) kembali digelar Pemerintah Kota Probolinggo. Tahun ini merupakan gelaran Semipro ke-XI. Yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, tahun ini Semipro diselenggarakan di Stadion Bayuangga Kota Probolinggo. Sabtu (31/8) malam, berbagai hiburan, kuliner dan kesenian ditampilkan. Salah satunnya tarian lokal, Sufi yang berkolaborasi dengan musik R&B, serta Balasik featuring Dua Saheera.

Masyarakat Kota Probolinggo sangat antusias menyaksikan kesenian lokal maupun kesenian modern malam itu. Berbagai hiburan di tampilkan di panggung utama, seperti SD Negeri Mangunharjo VI yang menampilkan tarian Seseh. SMP Negeri 1 Kota Probolinggo juga tampil dengan tari selar.

Putri Indonesia Jawa Timur 2019, Bella Sandra turut hadir memeriahkan gelaran semipro kali ini. Kedatangannya sebagai salah satu duta pariwisata, yang nantinya akan mempromosikan gelaran Semipro ke kota-kota lainnya.

Staf Ahli Wali Kota Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Paeni yang berkesempatan hadir dalam acara itu mengungkapkan pandangannya terkait panggung utama Semipro. “Panggung utama Semipro ini digunakan untuk menghibur masyarakat. Untuk itu, di panggung utama ini akan ditampilkan beragam tampilan seni dan aneka ragam hiburan. Sesuai dengan tema Semipro “Full Colour” seni budaya kita bermacam-macam,” ujar Paeni.

Diawali malam ini tampilan seni budaya cukup beragam, ada kesenian dari etnis arab dan tampilan dari etnis jawa. “Semoga kegiatan ini bisa memberikan semangat baru bagi generasi muda terhadap seni budaya lokal untuk terus dikembangkan, tidak boleh berhenti. Pemerintah berkewajiban mendorong, mendukung, dan menfasilitasi dari semua elemen masyarakat yang berkesenian. Karena itu adalah salah satu sektor penting urusan pemerintah yang harus dilakukan,” tambahnya.

Masih menurut Paeni, kegiatan ini sebagai wadah besar, khususnya generasi muda dan generasi milenial untuk mengembangkan potensi kreasi apapun di bidang seni, budaya, ekonomi dan industri. Pemerintah hanya menfasilitasi, memberikan inovasi, dan dukungan untuk mensukseskan.

“Pemerintah Kota Probolinggo harus lebih prospektif untuk menata masa depan Kota Probolinggo lebih baik bersama masyarakat. Saya berharap Kota Probolinggo semakin hari semakin baik, maju dengan Wali Kota yang baru. Karena semangatnya semangat baik, benar mengatur dan mengurus untuk kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.

Dua saheera, malam itu menampilkan delapan lagu. Salah satunnya, lagu yang dipopulerkan oleh Syahrini berjudul tobat lah tobat. “Saya merasa bangga menjadi bagian dari kegiatan Semipro malam ini. Event Semipro ini merupakan paket lengkap untuk mempromosikan wisata, budaya, kesenian baik kesenian tradisional, kesenian religi maupun kesenian modern dan kuliner,”ujar Amel, salah satu personel Dua Saheera. (Noviati/ Humas)