Ribuan Anak PAUD Ikuti Pawai Kemerdekaan

image_pdfimage_print

 

 

Ribuan anak PAUD di seluruh Kota Probolinggo mengikuti pawai kemerdekaan Republik Indonesia secara serentak, Sabtu (19/8) lalu. Berbagai pakaian adat Indonesia tumplek blek di barisan pawai. Melalui pawai tersebut diharapkan dapat mengenalkan suku adat dan budaya yang ada di negeri ini kepada anak-anak. 

Pemberangkatan pawai PAUD gelaran kerjasama IGTKI dan Himpaudi Kota Probolinggo  ini dibagi di masing-masing kecamatan. Seperti yang dilaksanakan di Kecamatan Mayangan, ada 39 sekolah dengan sekitar 2400 anak mengikuti pawai yang melintasi Jalan Ikan Paus – Jalan Banda dan finish Jalan Ikan Tongkol. 

“Kegiatan (pawai) ini sebagai pendidikan karakter yang harus diperoleh anak-anak, untuk mengenang jasa pahlawan serta mengenalkan arti kemerdekaan,” kata Ketua IGTKI Mayangan Ida Wahyuni.

Pawai pagi itu dibuka Staf Ahli Wali Kota, dr Nur Hasanah. Menurutnya, sebagai orangtua harus memberikan nutrisi yang baik bagi anak. Nutrisi yang dimaksud berupa makanan, teknologi informasi dan keimanan. “Jadikanlah anak-anak kita generasi yang cinta bangsa dan Negara Indonesia melalui seni budaya,” katanya. 

Tingkah lucu anak-anak PAUD mewarnai pawai budaya kala itu. Ada yang menampilkan Eksotika Gunung Bromo, Tari Payung, Kemanten Sunat, Tari Angin Mamiri, Bregodo (prajurit kraton Jogjakarta) dan budaya Indonesia lainnya. Pawai tersebut tidak dipilih juara, semua peserta mendapat penghargaan berupa tropi. (famydecta/humas)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.