Meriahkan Semipro, Dinas Perikanan gelar Lomba Mancing Bandeng

Salah satu peserta lomba berhasil mengangkat ikan bandeng. (Foto:Agus/Humas dan Protokol Setda Kota Probolinggo)
image_pdfimage_print

MAYANGAN – Masih dalam rangkaian kegiatan Seminggu di Kota Probolinggo (Semipro) ke-XI, Dinas Perikanan Kota Probolinggo turut memeriahkannya dengan lomba mancing bandeng, di tambak Dinas Perikanan Mayangan. Lomba mancing kali ini pemerintah menyediakan doorprize, berbeda saat lomba mancing rutin tiap bulannya.

Lomba mancing ini merupakan wujud nyata Pemerintah Kota Probolinggo, dalam meningkatkan pembangunan ekonomi yang berdaya saing berbasis sektor potensial melalui sektor perikanan. “Juga menjadi salah satu cara mengembangkan potensi dan promosi wisata dari sumberdaya perikanan,” terang Heni Mufaati Kasi Pengendalian Lingkungan dan Kesehatan Ikan pada Dinas Perikanan.

Heni juga menjelaskan kegiatan memancing merupakan aktivitas pengisi waktu luang serta ajang penyaluran hobi. Ia berharap, niat pemancing di Kota Probolinggo lebih meningkat dan sektor pariwisata di bidang perikanan dapat berkembang lebih baik kedepannya.

Minggu (1/9), lomba dimulai dari jam 10.30-16.30 WIB yang diikuti sebanyak 102 orang peserta. Pemancing mania ini berasal dari beberapa daerah seperti Lumajang, Jember, dan Kabupaten Probolinggo.

Panitia sudah menyediakan bandeng seberat 5 kg, namun tidak ada satupun peserta yang bisa mendapatkannya. Di jam 14.40 WIB, ikan seberat 1,80 kg berhasil didapatkan oleh Saulus salah satu peserta mancing, yang keluar menjadi juara pertama.

Begitu juga dengan Eko mendapatkan ikan serupa namun di jam 16.29 WIB, keluar menjadi juara II. Selanjutnya disusul oleh Akhmad Bahtiar dengan ikan seberat 1,30 kg pada jam 10.50 WIB sebagai juara III. Juara IV Heru dengan memperoleh ikan seberat 1,20 kg di jam 16.24 WIB, dan juara ke V Aris dengan berat ikan 0,60 kg di jam 14.03 WIB.

Dengan mendaftar sebesar Rp 150.000 satu peserta mendapatkan satu lapak. Dan juara pertama mendapatkan hadiah Rp 2.500.000, juara kedua Rp 2.000.000, juara ketiga Rp 1.500.000, juara keempat Rp 1.000.000, dan juara keempat mendapat hadiah Rp 500.000. (malinda/humas)