Tanggapan Wali Kota Atas PU Fraksi DPRD

image_pdfimage_print

 

Setelah sebelumnya, Jum’at (18/8) wali kota menyampaikan nota penjelasan terhadap Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kota Probolinggo Tahun 2016. Kemarin (21/8) tiba saatnya wali kota menjawab pemandangan umum fraksi – fraksi terhadap pembahasan raperda.  

Wali Kota Probolinggo Rukmini mengatakan melalui tanggapan, imbauan, saran dan permintaan penjelasan tersebut. Ia mengaku merasa makin mendapat dorongan dan semangat dalam menjalankan tugas – tugas pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pembinaan masyarakat.

Dalam penyampaiannya, Rukmini menjelaskan terkait tidak tercapainya penyerapan anggaran belanja secara maksimal pada tahun 2016 yakni anggaran belanja daerah sebesar 80,75 persen. Hal ini sebagian terbesar berasal dari anggaran belanja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan dan Dinas Pekerjaan Umum.

Rukmini juga menjelaskan terkait belanja modal  Dinas Pendidikan yang hanya tercapai sebesar  17,10% pada fungsi urusan wajib pendidikan. Dan, dapat dijelaskan bahwa sebagian besar anggaran belanja modal pada urusan wajib bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) dan dan insentif daerah (DID) yang dalam pelaksanaannya diatur tersendiri berdasarkan petunjuk teknis. 

“Bukan tanpa alasan keterlambatan turunnya juknis memang tidak dapat dipungkiri merupakan faktor penyebab utama diluar kendali pemerintah daerah, dimana jika terdapat SILPA, perlu adanya penyesuaian penganggaran yang sedianya harus dilakukan melalui mekanisme APBD pada tahun anggaran berikutnya,” jelas wali kota. 

Hal ini, lanjut Rukmini, berakibat belanja modal pada program/kegiatan pekerjaan fisik, sebagian besar dimungkinkan tidak terealisasi karena waktu untuk pelaksanaan pekerjaan tidak mencukupi. 

“Belum maksimalnya realisasi anggaran belanja terdapat faktor – faktor lainnya yaitu efisiensi dari pelaksanaan kegiatan masing – masing OPD yang secara keseluruhan jumlahnya cukup signifikan,” tambahnya.

Pada kesempatan itu, Rukmini mengungkapkan rasa terima kasih dan penghargaan yang setulus – tulusnya karena semua fraksi telah menyatakan persetujuannya terhadap rancangan peraturan daerah untuk dibahas lebih lanjut melalui mekanisme berikutnya.

Rapat paripurna di ruang sidang utama yang dipimpin oleh Wakil  Ketua DPRD Zulfikar Himawan  ini dihadiri oleh 24 anggota DPRD, para kepala OPD, dan lurah di lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo. (mita/humas)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.