Wali Kota Tinjau Penyaluran BNPT

image_pdfimage_print

 

Senyum mengembang terlihat di wajah para tamu undangan pagi itu, Senin (22/8). Wali Kota Probolinggo Rukmini menyerahkan bantuan non PKH (Program Keluarga Harapan) dari Kementerian Sosial RI di pendapa Kelurahan Kademangan. Terlihat mendampingi  Kepala Dinas Sosial Zainullah, Kabag Humas dan Protokol Prijo Djatmiko dan lurah setempat.

Zainullah menyampaikan penyaluran bantuan non PKH merupakan periode ke II dan III. Dalam setahun ada 6 periode atau diserahkan setiap 2 bulan sekali, dengan jumlah bantuan 20 kg beras dan 2 kg gula setiap periodenya. Di periode ini bantuan berjumlah 40 kg beras dan 8 kg gula sekaligus.

Jumlah data penerima di Kelurahan Kademangan 293, baru ada 229 yang sudah menggesek KKS (Kartu Keluarga Sejahtera) kepada Bank BNI.  “Ini merupakan bantuan pangan non tunai (BPNT), saya berharap bapak ibu yang menerima tidak menjualnya,” harap Zainullah.

Dalam kesempatan yang sama Rukmini menjelaskan bahwa jumlah penerima bantuan non PKH BPNT ini sebanyak 13.360 se-Kota Probolinggo yang tersebar di lima kecamatan. “Tujuan pemerintah memberikan BPNT ini agar masyarakat makin sejahtera, untuk itu bagi masyarakat Kota Probolinggo saya mengimbau agar bantuan ini digunakan sebagaimana mestinya, bisa semakin peduli dengan kesehatan dan pendidikan putra-putrinya,” ungkap Rukmini.

Tak hanya di Kelurahan Kademangan kabar gembira juga untuk warga penerima BPNT, hal serupa juga dirasakan oleh warga Kelurahan Ketapang. Jika di Kelurahan Kademangan sudah diterimakan kepada warga, di Kelurahan Ketapang baru tahap penggesekan kartu KKS ke Bank BNI.

Ramai dan berjubel membuat penuh sesak pendapa Kelurahan Ketapang. Menurut Kasi Pemas (Pemberdayaan Masyarakat) Abdul Jamal, sesuai data ada 206 yang akan melakukan penggesekan. “Apabila penggesekan telah selesai, besok (23/8) atau lusa (24/8) kita sudah bisa langsung order pada Bulog jumlah beras dan gula yang harus disediakan, dua hari kemudian BPNT ini bisa diterima warga,” jelasnya.

Bagi warga yang pada hari itu belum sempat melakukan penggesekan, pihak setempat akan melakukan tahap kedua/tahap susulan  sampai dengan tuntas. Di Kelurahan Ketapang, Rukmini bersama rombongan meninjau pelaksanaan program pengentasan kemiskinan tersebut. (malinda/humas)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.