Keseruan Water Battle

image_pdfimage_print

Ada yang berbeda di area Car Free Day yang berada di sepanjang Jalan Suroyo Kota Probolinggo, Minggu (27/8). Begitu banyak orang berjubel, mulai dari anak-anak sampe usia dewasa. Tak lupa mereka membawa pistol air. Ya, mereka mengikuti water battle atau yang disebut juga dengan perang air. Water battle merupakan suatu permainan yang dilakukan secara berkelompok dengan saling menyemprotkan air ke sesama peserta.

Ini merupakan kali kedua water battle dilaksanakan di Kota Probolinggo. Menurut ketua panitia, Muhammad Ikrom mengatakan kegiatan kali kedua ini lebih baik dari yang pertama. “Hal tersebut terlihat dari banyaknya peserta yang mendaftar, tercatat sebanyak 1280 peserta, sedangkan tahun lalu hanya sekitar 750 peserta,” katanya. Dengan uang pendaftaran Rp25.000, para peserta mendapatkan pistol air dan kupon yang nantinya akan diundi untuk mendapatkan doorprize.

Ikrom menjelaskan bahwa tujuan dari permainan ini memberikan hiburan berbeda dari yang lain, sehingga masyarakat merasa antusias untuk ikut dan terhibur. “Kegiatan ini juga dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia dan Hari Jadi Kota Probolinggo ke-658, dan termasuk dalam rangkaian Semipro tahun 2017,” katanya.

Rute permainan ini dilaksanakan di sepanjang Jalan Suroyo, start dari Depan Dinas Kesehatan dan finish di depan kantor wali kota. “Di sepanjang jalan tersebut, panitia telah menyediakan tong-tong air, dimana para peserta bisa mengisi kembali pistolnya yang telah kosong,” kata Indi, salah satu panitia. Dia juga menambahkan bahwa dalam tong-tong tersebut juga ada bola-bola kecil. “Barang siapa bisa mengumpulkan lima buah bola, akan mendapatkan hadiah langsung dari panitia,” katanya.

Tahun ini juga banyak perubahan yang dilakukan oleh panitia. “Untuk 400 peserta dewasa pertama, akan disediakan target/sasaran tembakan ala Benteng Takeshi (suatu permainan yang terkenal di Jepang), siapa yang nanti target tembakan itu masih utuh sampai di finish, maka langsung mendapatkan hadiah dari panitia,” lanjutnya.

Wali Kota Probolinggo Rukmini, yang berkesempatan untuk melepas peserta water battle ini, sangat mengapresiasi adanya kegiatan ini, yang memberikan hiburan alternatif bagi masyarakat. Dia pun berpesan kepada para peserta untuk menaati peraturan yang diberlakukan oleh panitia. 

“Semoga kegiatan ini berjalan sukses sampai selesai, dan para peserta bisa happy,” katanya. Dia juga mengingatkan kepada masyarakat yang hadir untuk ikut memeriahkan kegiatan semipro. “Pemerintah selalu berupaya untuk menyediakan kegiatan-kegiatan positif sehingga masyarakat bisa terhibur dan happy, semoga gelaran semipro tahun ini lebih sukses dari tahun-tahun sebelumnya,” kata Rukmini. (hariyantia/humas)

Para peserta dilepas dengan guyuran air dari mobil tangki yang disemprot oleh Wali kota Rukmini. Dalam kegiatan ini, terdapat doorprize yang disediakan oleh panitia, diantaranya sepeda gunung, dispenser, kipas angin, dan sebagainya.¬_hariyantiagustina

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.