Sek Jegung Kelah Celok dan Cookies Mangga, Jadi Juara Lomba Cipta Menu

Ketua TP PKK Kota Probolinggo memberikan hadiah kepada para pemenang lomba cipta menu lunchbox B2SA dan olahan pangan lokal komersial. (Foto:Agus/Humas dan Protokol Setda Kota Probolinggo)
image_pdfimage_print

MAYANGAN – Tim Penggerak PKK Kota Probolinggo baru saja menggelar lomba cipta menu lunchbox B2SA (beragam, bergizi, seimbang dan aman) dan olahan pangan lokal komersial. Menu lunchbox sek jegung kelah celok (nasi jagung kuah asem) bikinan PKK Kelurahan Wonoasih dan olahan cookies mangga dari Kelurahan Jrebeng Wetan lolos jadi juara.

Dua menu iniah yang bakal mewakili Kota Probolinggo di tingkat Provinsi Jawa Timur. “Menu-menunya cantik dan sehat, penataan bagus sesuai dengan tema non beras. Karena dengan menu sehat anak-anak bisa suka,” kata Ketua TP PKK Kota Probolinggo, Aminah Hadi Zainal Abidin.

Wakil Ketua TP PKK juga memberikan hadiah kepada salah satu pemenang. (Foto:Agus/Humas dan Protokol Setda Kota Probolinggo) 

Ya, lomba yang diadakan di Stadion Bayuangga ini diikuti TP PKK 29 kelurahan se-Kota Probolinggo. Menu non beras, beragam, bergizi, seimbang dan aman menjadi kunci utama dalam lomba yang ikut memeriahkan Semipro ke XI ini.

Dalam lomba tersebut, TP PKK juga menghadirkan Chef Sarwan yang memasak menu wingko singkong dan gule seafood. Seafood sengaja dipilih untuk diolah oleh Chef Sarwan karena merupakan potensi terbesar di Kota Probolinggo.

“Jadi ibu-ibu bisa memasak berbahan dasar seafood, yang sangat mudah diperoleh di Kota Probolinggo. Selain itu, ikan juga punya kandungan gizi yang baik untuk anak-anak kita,” tutur Sarwan.

Ketua TP PKK Aminah menyatakan kreatifitas dari 29 peserta sangat luar biasa. Mereka bisa memadukan berbagai kelengkapan gizi yang baik dikonsumsi oleh keluarga.

“Bagus sekali ternyata mereka semangat sekali. Hebat bisa berinovasi dengan cantik, enak dan sehat. Insyaallah mereka akan mewakili ke tingkat provinsi bulan November mendatang,” ujar istri Wali Kota Hadi Zainal Abidin ini.

Aminah berharap dengan mengikuti lomba kaum ibu semakin bersemangat dan kreatif khususnya menciptakan menu sehat dan aman untuk anak-anak. “Tentunya dengan memperhatikan gizi mereka. Menu ikan sangat bagus ya,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Ketua TP PKK Diah Kristanti Subri mengacungi jempol kreatifitas tanpa batas yang dipunyai peserta lomba. “Kami ingin meningkatkan potensi yang dimiliki para ibu semaksimal mungkin. Karena memasak itu sudah menjadi tugas kita, seorang ibu. Soal menu, semua kreatif dan punya inovasi diluar prediksi kami,” tambah istri Wawali Mochammad Soufis Subri.

Wali Kota Habib Hadi, Wawali Mochammad Soufis Subri bersama Pj Sekda Achmad Sudiyanto dan Asisten Pemerintahan Gogol Sujarwo serta sejumlah camat ikut hadir dalam lomba sore itu. (famydecta/humas)

Wali Kota dan Wakil Wali Kota Probolinggo saat mencicipi masakan dari peserta. (Foto:Agus/Humas dan Protokol Setda Kota Probolinggo)