Mascik Mesra, Dorong Masyarakat Lebih Cinta Ikan

image_pdfimage_print

Dinas Perikanan Kota Probolinggo meluncurkan program Masyarakat Cinta Ikan Menuju Sejahtera (Mascik Mesra). Guna mendukung kampanye tersebut, Dinas Perikanan menunjuk 5 outlet penjualan produk hasil perikanan. Outlet-outlet tersebut mewakili masing-masing Kecamatan, di antaranya Al Handi (Mayangan), Barokah (Kanigaran), Ola Ole (Kedopok), Dena Food (Kademangan), dan Gayuh (Wonoasih).

Untuk mengetahui sejauh mana perkembangan outlet-outlet tersebut, Rabu (30/8) Wali Kota Probolinggo, Rukmini mengunjungi Al Handi dan Barokah. Dalam kesempatan itu Rukmini mengaku sangat bangga dengan perkembangan dari tiap outlet. Bahkan untuk mendorong perkembangan masing-masing produsen produk  olahan ikan, Wali Kota mengizinkan mereka untuk mendapatkan akses permodalam melalui dana bergulir Pemerintah Kota Probolinggo. “Jika ada pemasok produk yang kesulitan dana, bisa pakai dana bergulir dari kita. Saya yakin produsen akan semakin berkembang, dan tentunya akan sangat membantu masyarakat sekitar,” terang Wali Kota.

  Sejak diluncurkan sekitar 4 bulan lalu, jumlah pengunjung outlet terus meningkat. Sebaimana yang disampaikan oleh Kepala Dinas Perikanan Budi Krisyanto. “Dari hasil “update status” masing-masing outlet, yang biasanya kunjungan 3-4 orang perhari, sekarang bisa mencapai 10 orang perhari. Yang dulunya omset sekitar Rp. 3 juta – Rp. 4 juta perbulan, sekarang bisa mencapai Rp. 8 juta perbulan,” ungkap Budi.

Budi menambahkan selama ini ada kesenjangan dari tiap-tiap produsen hasil perikanan. “kita harus hilangkan gap dari masing-masing produsen. Makanya kita tunjuk outlet, yang menjadi jaringan. Selama ini produsen itu memasarkan produknya sendiri, sekarang ditampung di outlet. Kalau dulu kan mereka nunggu orang datang kerumahnya. Sebelumnya juga tidak ada jaminan kualitas, kuantitas dan kontinuitas,” tambahnya. (abdurhamzah/humas)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.