Paripurna Hari Jadi Kota

image_pdfimage_print

Dirgahayu Kota Probolinggo. Pada tahun 2017 ini, Kota Probolinggo merayakan ulang tahun yang ke-658. Peringatannya dimulai dengan rapat paripurna istimewa, Sabtu (2/9). Rapat paripurna kali ini dihadiri anggota DPRD Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, kepala Organisasi Kepala Daerah (OPD), camat dan lurah di lingkungan Kota Probolinggo. Hadir pula dua mantan ketua DPRD Kota Probolinggo, yakni Koentjoro Soehadi (1985-1992) dan Kusnan (1999-2009).

Dalam paripurna, Wali Kota Probolinggo Rukmini menyampaikan berbagai pencapaian yang diraih oleh Kota Probolinggo. “Pada tahun 2016, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Probolinggo telah mencapai 71,50, meningkat 0,49 poin dibanding tahun sebelumnya. Hal ini menunjukkan bahwa pembangunan yang telah dilaksanakan cukup berhasil meningkatkan kualitas hidup penduduk Kota Probolinggo,” kata wali kota.

Dia juga mengklaim bahwa jumlah penduduk miskin mengalami penurunan. “Tahun 2015 jumlah penduduk miskin mencapai 8,17%, dan pada tahun 2016 menjadi 7,97%,” lanjutnya. 

Wali kota juga menyampaikan tentang keberhasilan Kota Probolinggo dalam menyabet berbagai penghargaan di tahun 2017, misalnya piala Adipura yang ke-11, Pastika Parahita, dan Penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik. “Penghargaan ini merupakan wujud kerja nyata yang sudah dilakukan pemerintah, legislatif bersama stakeholder dan masyarakat Kota Probolinggo tercinta,” katanya.

Ketua DPRD Kota Probolinggo, Rudiyanto Ghaffur pun mengamini pernyataan wali kota bahwa semua pihak dituntut untuk selalu bekerja keras, disiplin dan bahu membahu dalam bekerja dan berkarya sebagai upaya mewujudkan serta membangun Kota Probolinggo yang lebih baik dan semakin luar biasa. 

“Sesuai dengan tema hari jadi, kita berharap dengan adanya momen peringatan hari jadi Kota Probolinggo dapat mempererat nilai persatuan dan kesatuan serta introspeksi jati diri kita sebagai bagian dari masyarakat Kota Probolinggo yang pluralisme,” kata Ghaffur. Untuk diketahui, tema yang diusung dalam hari jadi Kota Probolinggo kali ini “Kerja bersama Membangun Kota.” (hariyantia/humas)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.