Wawali Ingin Nilai SAKIP Meningkat

Wakil Wali Kota Soufis Subri saat memaparkan SAKIP Pemerintah Kota Probolinggo. (Foto:Rifki/Humas dan Protokol Setda Kota Probolinggo)
image_pdfimage_print

KANIGARAN – Tim evaluasi pembinaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Provinsi Jawa Timur melakukan evaluasi dan pembinaan implementasi SAKIP di Kota Probolinggo. Wakil Wali Kota Probolinggo Mochammad Soufis Subri membuka kegiatan tersebut yang dihadiri oleh seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kota Probolinggo di Sabha Bina Praja, Selasa (17/9).

Ketua Tim SAKIP Jawa Timur Nana Fajar Priyantoro menjelaskan, tujuan evaluasi dan pembinaan SAKIP bukan sekadar untuk menilai dan bukan untuk kepentingan di setiap OPD Pemerintah Kota Probolinggo.

“Setelah kita melihat dan mendalami, tim evaluasi akan memberikan nilai sesuai apa yang kita dalami. Nilai tersebut akan diserahkan ke Kemenpan RB, setelah itu kami akan memberikan saran dan masukan terkait apa yang kita lihat. Jadi kami mengevaluasi bukan mengoreksi saja tapi juga memberikan saran akan memberikan solusi yang terbaik untuk masing-masing perangkat daerah, dan tidak kalah penting juga akan memonitoring tindak lanjut laporan evaluasi SAKIP Kota Probolinggo di tahun kemarin,” kata Nana.

Ketua Tim SAKIP Jawa Timur Nana Fajar Priyantoro saat sambutan acara evaluasi dan pembinaan SAKIP. (Foto:Rifki/Humas dan Protokol Setda Kota Probolinggo) 

Nana Fajar Priyantoro juga menginformasikan Provinsi Jatim adalah satu-satunya provinsi dengan kabupaten/kota dengan SAKIP berpredikat A terbanyak. Di tahun 2018 ada 5 kabupaten mendapat nilai A dengan jumlah 9 kabupaten/kota se- Indonesia yang mendapatkan nilai A.

“Jadi 5 daerah ada di Provinsi Jatim dan yang 4 tersebar di seluruh Indonesia, ini adalah pencapaian yang sangat luar biasa,” ucap Nana yang juga menjabat sebagai Kasubag Akuntabilitas Kinerja pada Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur.

Sementara itu Wakil Wali Kota Soufis Subri menyampaikan SAKIP Kota Probolinggo di tahun 2018 berada dipredikat BB dengan nilai 70,41. “Dengan adanya tim evaluasi SAKIP dari Provinsi Jatim datang ke Kota Probolinggo semoga dapat memberikan saran terbaik untuk memperbaiki SAKIP Pemerintah Kota Probolinggo dan bisa naik predikat jadi A,” tuturnya.

“Karena itu, seperti yang disampaikan Bapak Wali Kota, mohon untuk seluruh kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo agar menindaklanjuti semua arahan maupun masukan dari tim evaluasi SAKIP Jatim, untuk peningkatan SAKIP lebih baik lagi,” sambungnya.

Dalam kesepatan itu, Wawali Subri juga memaparkan SAKIP Pemerintah Kota Probolinggo kepada tim evaluasi pembinaan SAKIP Jatim, sebelum dilakukan evaluasi oleh tim tersebut. (soni/humas)