Selamat Hari Jadi Kota Probolinggo!

image_pdfimage_print

Tanggal 4 September telah ditetapkan sebagai Hari Jadi Kota Probolinggo. Tahun ini Kota Mangga tengah berusia 658 tahun. Tepat tanggal tersebut Pemerintah Kota Probolinggo menggelar upacara, Wali Kota Rukmini pagi itu bertindak sebagai inspekturnya. Para undangan dan peserta upacara kala itu mengenakan pakaian adat nusantara, tak terkecuali etnis Arab dan Tionghoa. 

Uniknya, upacara menggunakan bahasa Madura yang merupakan bahasa keseharian mayoritas masyarakat Kota Probolinggo. Lurah Mangunharjo Wahyu Hariyadi menjadi pembawa acaranya, dan Kepala Dinas Sosial Zainullah menjadi komandan upacara. 

Upacara berlangsung khidmat. Panji Pemerintah Kota Probolinggo dibawa oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dengan gagahnya. Doapun dipanjatkan demi Kota Probolinggo yang lebih baik, masyarakat yang sejahtera dan pemimpin yang amanah. 

Dalam sambutannya Rukmini menyatakan tema peringatan Hari Jadi ke-658 Kota Probolinggo tahun 2017 adalah kerja bersama, membangun kota. “Tema ini merupakan pesan penting bagi kita semua, seluruh warga masyarakat Kota Probolinggo bahwa untuk membangun kota tercinta ini, bukan hanya tugas pemerintah semata. Kerja bersama disini dimaksudkan bahwa seluruh stakeholder apakah itu pemerintah, kalangan swasta dalam hal ini para pengusaha terutama masyarakat,” jelasnya.

Bukti bahwa pemerintah Kota Probolinggo terus mengupayakan pembangunan yang semakin baik adalah ganjaran prestasi, baik dari pemerintah provinsi jawa timur maupun dari pemerintah pusat. “Ditahun 2017 ini sudah banyak prestasi yang kita capai,” ujarnya. 

Diantaranya inovasi Si Inol Aja menerima penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Nasional, Penetapan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) menerima penghargaan Pastika Parahita, penghargaan Kota Layak Anak Pratama 2017, komitmen pengendalian inflasi menerima penghargaan TPID (Tim Pengendali Inflasi Daerah) Inovatif 2017, piala Adipura ke-11. Kemudian Adiwiyata Mandiri tahun 2017 untuk 4 sekolah yaitu SD Negeri Sukabumi 2, SD Negeri Kedung Asem 4, SMP Negeri 7 dan MAN 2 serta Lencana Darma Bakti dari Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. 

Rukmini juga menyampaikan ucapan selamat dan harapan atas Hari Jadi kota Probolinggo ke-658 kepada seluruh masyarakat Kota Probolinggo dalam lima bahasa. Yakni bahasa Indonesia, bahasa Madura, Bahasa Jawa, Bahasa Mandarin dan bahasa Arab.

Diakhir acara wali kota juga menyerahkan piala dan piagam penghargaan kepada pemenang KAHBI (Kampung Hijau Bersih Indah) 2017, kepada juara I Kelurahan Pakistaji RT 2 /RW 7, juara II Kelurahan Wiroborang RT 6/RW 1, juara III Kelurahan Jrebeng Timur RT 5/RW 4 serta penghargaan kepada pegawai prestasi eselon IV Mar’ie Hendrianto Kasi Pengembangan Aplikasi di Bidang Layanan e-government pada Diskominfo. Dan, pegawai non eselon, Uma dari Kecamatan Kedopok. (malinda/humas)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.