Bekali Pelajar Pengetahuan Tentang Pemilu

image_pdfimage_print

Demi suksesnya Pilkada (pemilihan kepala daerah) serentak tahun 2018 mendatang, Pemerintah Kota Probolinggo melalui Bakesbangpol dan Linmas menggelar sosialisasi pemahaman budaya politik, bagi pemilih pemula tingkat SMA/SMK/MA Negeri/Swasta se-Kota Probolinggo. Acara tersebut dilangsungkan Selasa (5/9), di gedung Puri Manggala Bhakti, dengan dihadiri Wali Kota Rukmini.

Pagi itu, sekitar 223 siswa-siswi SMA/MA/SMK mengikuti sosialisasi tersebut. Kabid Hubungan Antar Lembaha dan Pengembangan Politik Slamet Hariyanto menyatakan, dengan mengevaluasi perkembangan politik daerah sosialisasi ini bertujuan memberikan pemahaman dan pendidikan politik kepada pemilih pemula agar bisa menjadi pemilih yang cerdas, bisa menggunakan hak pilihnya dan tidak golput (golongan putih). “Karena kedepannya merekalah yang menentukan nasib bangsa, penerus di masa yang akan datang,” tuturnya.

Rukmini juga menyampaikan, perhatian serius pada pemilih pemula itu sangat penting maka harus ada sosialisasi agar bisa berpartisipasi dalam pilkada 2018, pemilihan legislatif dan Presiden tahun 2019. Karena pilkada dan pemilu merupakan bentuk mewujudkan negara demokrasi dan partai politik sebagai sarana aspirasi rakyat.

“Jika sudah punya pilihan untuk tidak diceritakan, cukup disimpan didalam hati saja guna menghindari perselisihan politik. Jangan sampai sekolahnya terganggu, jangan terpengaruh dengan isu politik, agar kota Probolinggo tetap damai dan kondusif,” pesan Rukmini pada peseta sosialisasi.

Dalam kesempatan itu, narasumber dari Bakesbangpol Provinsi Jawa Timur menyampaikan materi tentang pentingnya pendidikan politik bagi generasi muda. Ketua KPU memberikan materi terkait pilkada serentak. Bakesbangpol dan Linmas setempat juga memberikan buku berjudul “Cerdas Berdemokrasi” yang berisi tentang pemahaman demokrasi dan pemilu, masalah dan harapan dalam pemilu. (malinda/humas)

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.