KIA Permudah Akses Pelayanan Publik

Wawali saat memberikan sambutan sosialisasi Program Kartu identitas Anak.(Foto:Rizal/Humas dan Protokol Setda Kota Probolinggo)
image_pdfimage_print

KANIGARAN – Program Kartu identitas Anak (KIA) disosialisasikan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Probolinggo. Acara yang berlangsung pada Jum’at  (4/10) dilangsungkan di gedung Puri Manggala Bhakti. Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Wali Kota Probolinggo, Mochammad Soufis Subri, Staf Ahli Pemerintan, Politik dan Hukum, Paeni, Wakil Tim Penggerak PKK, Diah Kristianti, serta beberapa kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Sekretaris Dispendukcapil, Setyorini mengatakan tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan pemahaman akan pentingnya Kartu Identitas Anak (KIA). KIA sendiri diperuntukkan bagi anak usia 0 – 17 tahun kurang 1 hari. KIA merupakan kartu identitas yang sah sebagai warga Negara seperti halnya KTP.

Sosialisasi ini juga bertujuan untuk meningkatkan cakupan KIA di Kota Probolinggo.  “Meningkatkan cakupan kepemilikan KIA dan memberikan pemahanan akan pentingnya KIA pada saat mengakses layanan publik,” ujar Setyorini.

Subri mengatakan, Pemerintah Kota Probolinggo akan terus menyosialisasikan KIA.  “Pemkot secara terus menerus melakukan sosialisasi dan pembinaan kepada warga masyarakat Kota Probolinggo, supaya anak-anaknya mendapatkan KIA serta mendapatkan pengakuan sebagai warga negara Indonesia agar hak sipilnya dapat terlindungi. Saat ini cakupan kepemilikan KIA sebesar 38.156 dari 64.726, kurang lebih masih 58,96%,” lanjut Wawali Subri.

KIA merupakan perwujudan kehadiran negara bagi warganya. KIA juga mempermudah akses pelayanan publik. KIA yang dimiliki setiap anak di Kota Probolinggo di samping menjadi tanda pengenal atau bukti diri yang sah bagi anak, juga dapat mempermudah anak untuk mendapatkan pelayanan publik secara mandiri. Antara lain, dalam pelayanan pendidikan, kesehatan, maupun kegiatan sosial lainnya.

“Saat ini Dispendukcapil telah melaksanakan pelayanan jemput bola KIA di tingkat kelurahan, rumah sakit bersalin, puskesmas, poli klinik, dokter/bidan praktek melalui program inovasi AKIK CEMERLANG. Inovasi ini dijalankan untuk penerbitan akte kelahiran, KK dan KIA sekali urus gratis, serta pelayanan di sekolah, posyandu, paud/TK se-Kota Probolinggo,” terang Subri. (mita/humas)

Berlangsungnya sosialisasi Program Kartu identitas Anak di Puri Manggala Bhakti.(Foto:Rizal/Humas dan Protokol Setda Kota Probolinggo)