Melindungi Nelayan Dengan Asuransi

image_pdfimage_print

 

Dalam rangka meningkatkan pemberdayaan nelayan skala kecil dan peningkatan perlindungan terhadap nelayan, Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (RI) menyelenggarakan program asuransi bagi nelayan. Senin (18/9), Dinas Perikanan Kota Probolinggo, menggelar sosialisasi petunjuk teknis bantuan premi asuransi nelayan serta pemberian kartu asuransi, di Gedung Sabha Bina Praja Kantor Wali Kota.

Acara tersebut dihadiri Wali Kota Rukmini, Plh Sekda Achmad Sudiyanto, dan perwakilan dari Jasindo Cabang Malang Alvin Andreas. Sampai bulan Agustus 2017, ada 433 nelayan yang sudah terdaftar dan jumlahnya akan terus bertambah sampai akhir Desember nanti. Namun, pagi itu hanya dihadirkan 50 orang sebagai perwakilan.

Kabid Pengembangan Usaha pada Dinas Perikanan Fitriawati menyampaikan, kartu asuransi ini diberikan kepada setiap nelayan yang kurang mampu, yang bisa digunakan apabila terjadi kecelakaan yang disebabkan oleh bencana alam, baik yang mati atau hilang. Tak hanya itu asuransi ini juga memberikan jaminan kesehatan bagi setiap nelayan.“Setiap nelayan mendapat premi gratis Rp 175.000/bulannya, yang akan langsung masuk ke rekening masing-masing nelayan,”jelasnya. 

Tak hanya itu,  Rukmini menyatakan bahwa Pemerintah Kota juga memberikan pendampingan sebesar 10 persen. “Ini merupakan wujud keberpihakan pemerintah dalam melindungi nelayan yang diimplementasikan melalui pemberian premi asuransi,” terang Rukmini.

Perikanan merupakan potensi ekonomi bisa disebut sebagai tulang punggung dari pembangunan pemerintah, untuk itu pemerintah harus memberikan kesejahteraan bagi pelaku ekonomi di bidang ini. “Kartunya jangan sampai hilang, semoga bermanfaat dan dapat digunakan sebagai peningkatan kesejahteraan nelayan dan keluarganya. Dan, juga saya mengimbau kepada nelayan untuk tetap menggunakan alat tangkap ramah lingkungan yang tidak merusak ekosistem yang ada di laut,” sambung Rukmini.

Pagi itu, Alvin Andreas memberikan materi sosialisasi berupa petunjuk teknis bantuan premi asuransi nelayan, manfaat asuransi, resiko yang dijamin, nilai pertanggungan, persyaratan dan kriteria penerima asuransi, alur pendaftaran serta ketentuan umum pengajuan klaim. (malinda/humas)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.