Pondok Pesantren Harus Bersih dan Sehat

image_pdfimage_print

 

Pemerintah Kota Probolinggo menggelar sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat  (PHBS) di lingkungan pondok pesantren (Ponpes) melalui usaha kesehatan sekolah (UKS). Kegiatan yang dihelat di Sabha Bina Praja, Kantor Wali Kota itu dilaksanakan pada Kamis (28/9). Dalam kesempatan itu, setidaknya 122 peserta dari sekolah Ponpes dan Sekolah yang akan mengikuti lomba UKS tingkat kota. 

Wali Kota Probolinggo, Rukmini yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Didik Sunaryoto dalam sambutannya menyampaikan harapannya terkait PHBS di Ponpes. “Saya berharap keberhasilan perilaku hidup bersih dan sehat akan berdampak pada terciptanya pondok pesantren yang bersih dan sehat sehingga siswa, guru dan masyarakat lingkungan sekolah terlindungi dari berbagai gangguan dan ancaman penyakit. Meningkatkan semangat proses belajar mengajar yang berdampak pada prestasi belajar siswa. Citra pondok pesantren sebagai institusi pendidikan semakin meningkat sehingga mampu menarik minat orang tua, “ harap Rukmini. 

 

Rukmini menambahkan, beberapa indicator yang harus diperhatikan dalam PHBS di Ponpes antara lain kebersihan perorangan (badan, pakaian dan kuku), penggunaan air bersih, kebersihan tempat wudhu, penggunakan jamban sehat, kebersihan asrama, kepadatan penghuni asrama, kebersihan ruang belajar, kebersihan halaman. Selain itu, Ponpes diharapkan memiliki kader poskestren/santri husada, adanya kader poskestren terlatih, kegiatan kader poskestren, bak penampungan air bebas jentik, penggunaan  garam beryodium, makanan bergizi seimbang,  pemanfaatan sarana pelayanan kesehatan, gaya hidup tidak merokok dan gaya hidup sadar AIDS. 

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Probolinggo, Aman Suryaman mengungkapkan tujuan dilaksanakannya sosialisasi tersebut. Di antaranya, mengoptimalkan peran UKS di lingkungan Ponpes. Meningkatkan kemampuan Ponpes untuk berperilaku hidup sehat, serta memupuk kebiasaan hidup sehat di lingkungan Ponpes. (abdurhamzah/humas)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.