Tiga Atlet Catur Kota Probolinggo Sukses Sabet Medali Kejurnas

Ketiga Atlet Catur Kota Probolinggo Sukses Sabet Medali Kejurnas. (Foto:Humas dan Protokol Setda Kota Probolinggo)
image_pdfimage_print

AMBON -Tiga atlet catur junior Kota Probolinggo berhasil meraih hasil impresif di Kejurnas Catur ke-48 tahun 2019 di Ambon, 25-31 Oktober. Dua medali perak dan satu perunggu berhasil pulang.

Dua atlet sukses menyabet perak. Yakni Aubrey Athallya, yang berlaga di kategori E putri, serta Tata, yang berlaga untuk kategori F putri. Sementara satu perunggu berhasil dipersembahkan Pradipta yang berlaga di kategori G putra.

Torehan impresif itu pun diapresiasi Ketua Percasi Kota Probolinggo, M Abas. Menurutnya, atlet-atlet catur kota mangga sudah tampil maksimal dalam ajang nasional tersebut.

“Alhamdulillah Jatim menjadi Juara umum Kejurnas Catur yg ketiga tahun ini. Dan, Kota Probolinggo selalu menyumbang medali dalam setiap kejurnas,” kata M Abas dengan penuh rasa bangga.

Menurut Abas, ajang kejurnas merupakan ajang yang cukup prestisius. Sebab, tak semua atlet bisa mengikuti kejurnas. Harus lewat seleksi dan rekomendasi dari tiap-tiap daerah yang masuk pengprov.

“Atlet junior masih perlu didampingi oleh orang tua masing-masing. Inilah tantangannya. Sebab, harus mengeluarkan ongkos yang lebih. Apalagi tempat pertandingan berada di Ambon Maluku. Pada tahap ini, diperlukan perjuangan dan pengorbanan dari orang tua untuk bisa mendampingi dan memotivasi anaknya agar bisa bermain dan memberi yang terbaik,” jelas pria yang juga jadi Camat Mayangan itu.

Menurutnya, peran pelatih dan pendamping juga sangat mempengaruhi mental atlit ketika bertanding. “Jadi ada 4 kunci sukses di pembinaan catur. Yakni semangat dan kemauan atlet, dukungan orang tua. Lalu latihan tanpa kenal lelah. Serta pelatih yang handal,” terangnya. (famydecta/humas)