Ingin Bangun Depo Arsip, Wali Kota Sambangi ANRI

image_pdfimage_print

JAKARTA: Kamis, 31 Oktober 2019 Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin di damping Plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Probolinggo, Paeni dan beberapa kepala OPD terkait berkunjung ke kantor Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) di Jakarta. Dalam kunjungan ini, Wali Kota berkoordinasi beberapa hal penting di antaranya terkait penyusunan citra daerah dan pembangunan depo arsip di kota Probolinggo.

Sesampainya di ANRI, rombongan disambut oleh Deputi Bidang Informasi dan Pengembangan Sistem Kearsipan ANRI, Imam Gunarto. ANRI sangat bangga kepada pemerintah daerah yang sangat konsern terhadap arsip yang ada di daerah, karena arsip ke depannya sudah menuju ke bentuk digital. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait dengan arsip, yaitu : arsip sebagai akuntabilitas, arsip sebagai kebanggaan yang bisa diperkaya dan bisa di sinergikan dengan museum atau tempat budaya, dan yang terakhir arsip dapat di monetizing.

“Biasanya daerah itu minta di buatkan depo arsip untuk daerahnya, tapi lain dengan Kota Probolinggo yang ingin membuat sendiri depo arsip di sana, saya bangga,” kata Imam Gunarso sambil mengacungkan jempol. Dalam kesempatan ini Wali Kota Probolinggo meminta petunjuk dari ANRI agar depo arsip yang akan dibangun di Kota Probolinggo sesuai dengan standar dari ANRI. Selain itu, juga Habib Hadi juga meminta support dari ANRI dalam penyusunan Citra Daerah agar Pemerintahan dapat berjalan dengan baik.

Sebelum mengakhiri kunjungan, rombongan Wali Kota disjak mengelilingi ANRI, mulai dari depo penyimpanan arsip dari bahan kertas, dilanjutkan ke depo arsip media baru yang berupa arsip kaset pita hingga film dokumenter. Berikutnya, rombongan menuju ke ruang layanan arsip. Habib Hadi sempat melihat peta lama dan juga koleksi foto kuno Probolinggo. Terakhir rombongan menuju ruang diorama yang menampilkan sejarah perjuangan sampai pembangunan saat ini. (Dhoni/Humas)