Habib Hadi Minta Kader PKK Peduli Kondisi Sosial

Wali Kota Habib Hadi saat membuka pembinaan dan evaluasi bagi anggota Tim Penggerak (TP) PKK Kecamatan dan Kelurahan se-Kecamatan Kedopok. (Foto:Agus/Humas dan Protokol Setda Kota Probolinggo)
image_pdfimage_print

BATU – Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin berharap Kader PKK terus meningkatkan wawasan dan kompetensi dalam melaksanakan tugasnya. Tidak hanya bagi masyarakat luas, meningkatnya kinerja kader PKK diharapkan dapat dirasakan oleh anggota keluarga.

Habib menjelaskan, PKK merupakan gerakan pembangunan masyarakat yang tumbuh dari bawah dengan wanita sebagai motor penggeraknya. Kehadiran PKK adalah untuk membangun keluarga sebagai unit atau kelompok terkecil dalam masyarakat.
“Saya berharap, PKK harus proaktif dalam lingkungannya. Perhatikan masyarakat sekitar dalam bidang kesehatan, pendidikan, sosial dan lain-lain. Sehingga, keberadaan PKK dapat dirasakan masyarakat, serta mampu mengedukasi masyarakat,” harap Habib Hadi.

“Saya ingin PKK proaktif. Apabila dalam lingkungannya ada warga yang kurang beruntung, koordinasikan kepada pokja – pokja dan pada ketua TP PKK. Agar nantinya bisa mendapatkan perhatian dari pemerintah. Oleh karena itu, PKK harus sportif, jangan tebang pilih,” pintanya.

“Ayo bersama – sama melakukan kebaikan untuk Kota Probolinggo dan satukan konsep pemikiran untuk Kota Probolinggo yang lebih baik lagi,” tutup Habib Hadi.

Pernyataan Wali Kota Probolinggo itu disampaikan pada saat pembukaan pembinaan dan evaluasi bagi anggota Tim Penggerak (TP) PKK Kecamatan dan Kelurahan se-Kecamatan Kedopok, pada Jum’at (1/11) di Hotel Zam Zam, Kota Batu. Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua TP PKK Kota Probolinggo, Aminah Hadi Zainal Abidin serta Camat Kedopok, Imam Cahyadi.

Camat Kedopok mengatakan, tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan kompetensi dalam masing-masing pokja. TP PKK merupakan mitra kerja yang berfungsi sebagai fasilitator perencana, pelaksana, pengendali, dan penggerak untuk terlaksananya program kegiatan. Kegiatan ini diikuti 61 peserta dari PKK Kecamatan Kedopok, dan Kelurahan se Kecamatan Kedopok.

“Meningkatkan kinerja kader PKK, memahami tugas-tugas dari ketua, sekretaris, bendahara dan kader PKK, serta membahas program dan kegiatan. Juga untuk menetapkan beberapa inovasi yang sudah dibuat masing – masing pokja,” ujarnya.

Sementara itu, Aminah menjelaskan tugas dan fungsi (tupoksi) TP PKK antara lain, Dewan Pembina memberikan bimbingan, pembinaan, bantuan, dan fasilitasi, serta kemudahan untuk kelancaran dan kelangsungan program PKK. Ketua Pokja melaksanakan tugas, fungsi dan tanggung jawab masing – masing pokja dalam melaksanakan 10 program pokok PKK, dan mengembangkan ide atau inovasi tentang pendekatan pada masyarakat. Tupoksi dari kader PKK yaitu membantu ketua TP PKK dalam melaksanakan 10 program pokok PKK dan pendekatan kepada masyarakat.

“Semoga ke depan kader PKK mampu memikirkan, merencanakan, dan melakukan inovasi (pembaharuan) aplikatif yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,” harapnya. (Mita/Humas)