Go Green Our River 2019 di Sungai Anyar

Suasana saat komunitas peduli lingkungan bersama masyarakat, TNI, Polri dan pemerintah melakukan gerakkan Go Green Our River di Sungai Anyar di Jalan Tangkuban Perahu, Kelurahan Pilang. (Foto:Rifki/Humas dan Protokol Setda Kota Probolinggo)
image_pdfimage_print

KADEMANGAN – Kesadaran masyarakat di Kota Probolinggo terhadap lingkungan di sekitarnya patut diapresiasi. Ini setelah komunitas peduli lingkungan bersama masyarakat, TNI, Polri dan pemerintah melakukan gerakkan Go Green Our River di Sungai Anyar di Jalan Tangkuban Perahu, Kelurahan Pilang, Kecamatan Kademangan, Sabtu (9/11).

Wali Kota Hadi Zainal Abidin bersama Wawali Mochammad Soufis Subri dan sejumlah kepala OPD seperti Kepala DLH Budi Krisyanto, Kepala BPBD Prijo Djatmiko, Kepala DP3AKB Sukam, Camat Kademangan Pujo Agung Satrio pun hadir dalam kegiatan pagi itu.

Melalui kegiatan ini, menurut Ketua Panitia Lukman Hakim, masyarakat diajak bersih-bersih saluran sungai agar sungai menjadi sesuai fungsinya. “Ayo merdekakan sungai dari sampah dengan mengurangi dampak pada sungai Anyar. Kami juga mengimbau masyarakat tidak buang sampah sembarangan untuk menjaga kelestarian sungai,” katanya.

Tidak hanya kerja bakti, kegiatan yang melibatkan 300 orang ini membersihkan sungai mulai dari Jalan Gus Dur hingga Kelurahan Pilang (di Jalan Soekarno Hatta) itu dibarengi pengecatan plengsengan, penanaman pohon Mangga dan Klengkeng serta pemasangan papan imbauan dari Dinas Kesehatan Kota Probolinggo.

Wali Kota Habib Hadi saat menanam pohon mangga bersama komunitas peduli lingkungan bersama masyarakat, TNI, Polri. (Foto:Rifki/Humas dan Protokol Setda Kota Probolinggo)

“Kegiatan ini saya apresiasi, mudah-mudahan ditiru daerah lainnya. Tentunya, saya berharap bukan hanya pada waktu kegiatan ini saja bersih-bersihnya. Tapi, harus berkelanjutan demi menjaga kondisi lingkungan kita,” ujar Wali Kota Habib Hadi.

Pemerintah Kota Probolinggo menyupport gerakan yang dilakukan masyarakat bersinergi dengan seluruh elemen yang ada di kota ini. Dalam kesempatan itu, Habib Hadi juga mengingatkan masyarakat melakukan 3M plus untuk menghindari bahaya penyakit DBD saat musim hujan tiba.

“Terima kasih atas kekompakan kerjasamanya. Mari kita jaga lingkungan kita bersama. Untuk seluruh masyarakat, tolong jangan hanya berkomentar saja di media sosial tetapi mari ikut terlibat aksi nyata dalam menjaga lingkungannya masing-masing,” pesan orang nomor satu di Kota Probolinggo ini. (famydecta/humas)