Peringati Hari Pahlawan, Dinsos Gelar Sarasehan

Wali Kota Habib Hadi saat membuka sarasehan. (Foto: Rizal/Humas dan Protokol Setda Kota Probolinggo)
image_pdfimage_print

MAYANGAN – Banyak cara untuk mengenang sejarah Hari Pahlawan. Salah satunya, melalui sarasehan yang digelar Dinas Sosial sesaat setelah upacara bendera berlangsung. Pasalnya, sarasehan ini diadakan untuk mengenang dan menghormati para pejuang kemerdekaan dalam rangka mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

“Kami juga ingin membangun ingatan gerakan berbangsa dan bernegara yang diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Sekaligus meningkatkan peran serta kita sebagai bangsa yang bernegara,” tutur Kepala Dinsos Zainullah, saat pembukaan sarasehan, Senin (11/11) di Orin Hall Jalan Panjaitan.

Narasumber sarasehan dari Kodim 0820 Probolinggo, dengan peserta para pelajar SMP dan SMA, Legium Veteran serta mitra Dinsos seperti tagana dan karang taruna.

Wali Kota Probolinggo menyatakan, di Hari Pahlawan sudah sepatutnya sebagai bangsa Indonesia mengintrospeksi diri apakah yang dilakukan sehari-hari untuk diri sendiri, keluarga atau lingkungan sudah mencerminkan kemashlahatan.

Wali KOta Habib Hadi memberikan bingkisan kepada salah satu veteran. (Foto: Rizal/Humas dan Protokol Setda Kota Probolinggo)

Menurutnya, apa yang dilakukan pahlawan dulu tidak dapat dinilai dan tanpa perjuangan pahlawan itu (kemerdekaan) semua tidak mungkin terwujud. “Kita bisa menanamkan jiwa, aku pahlawan masa kini. Kita semua harus punya tekad seperti ini, apa harapan ke depan untuk generasi penerus kita,” ujar Wali Kota Hadi Zainal Abidin.

Saat ini, lanjutnya, bangsa Indonesia haus membentengi diri dari hal yang berpotensi merusak generasi muda. Pasalnya, dari hasil survey tercatat 70 persen generasi muda di Indonesia sudah terpapar pengaruh negatif media sosial. “Diakui atau tidak, faktanya memang demikian. Ini tantangan ke depan dan kita semua harus memerangi itu,” sambungnya.

Melalui sarasehan ini, Wali Kota Habib Hadi mengajak generasi muda untuk berbuat yang terbaik bagi bangsa ini khususnya Kota Probolinggo. “Mari berkontribusi bagi kemajuan Kota Probolinggo dimulai dari lingkungan terdekat dahulu yaitu di sekitar rumah kita,” ajak Habib Hadi bersemangat.

Dalam sarasehan, wali kota juga menyerahkan bantuan nutrisi kepada 60 Legium Veteran di Kota Probolinggo. (famydecta/humas)