Pramuka Menjadi Sarana Berkreasi

image_pdfimage_print

 

Jumat (20/10), bertempat di Ruang Terbuka Hijau Kecamatan Kedupok (RTHKP) Kota Probolinggo digelar Apel Pembukaan Giat Prestasi Penegak Tahun 2017 Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Probolinggo. Kegiatan ini Bertema “Penegak yang kreatif, inovatif dan berprestasi secara mandiri”.   

Pembina apel Wali Kota Rukmini selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka sekaligus membuka kegiatan yang berlangsung selama tanggal 20 – 22 Oktober 2017. Ketua Sangga Kerja Moch Makruf menjelaskan, kegiatan ini untuk mewujudkan pramuka yang berkualitas dan dapat dibanggakan. 

Dengan diadakan kegiatan ini dapat menjadi titik awal penggerakan pramuka khususnya yang ada di Kota Probolinggo agar lebih maju dari pada sebelumnya. “Kegiatan ini diharapkan sebagai ajang berburu prestasi sehingga tidak kalah dengan pergerakan zaman dan berwawasan serta berintelektual tinggi sehingga pramuka menjadi sarana bagi anak muda untuk berkreasi,” jelasnya.

Peserta Giat Prestasi Penegak adalah pramuka penegak tingkat SMA, SMK dan MA Se-Kota Probolinggo sejumlah 232 peserta. Peserta masing-masing sekolah dihadiri oleh 2 sangga yaitu putra dan putri. Sebanyak 14 sangga putra dan 15 sangga putri yang masing-masing sangga sejumlah 8 orang.

Lomba yang diadakan pada kegiatan ini antara lain administrasi sangga, tapak perkemahan, sinematic, pionering, miniatur perkemahan, kreasi patung, dinamika regu, memasak, cerdas cermat, pentas seni dan giat bakti penanaman.

Ketua Majelis Pembimbing Rukmini, dalam sambutanya menjelaskan, pramuka bisa menjadi wadah bagi pembentukan jiwa Nasionalisme dan kebangsaan kita semua. Melalui gerakan pramuka ini semoga akan tertanamkan jiwa dan semangat gotong royong dan penghargaan kepada kebhinekaan yang ada di Indonesia, maka akan ditemui sikap menghargai antara satu dengan yang lainnya. Dengan kegiatan ini bisa mendorong para peserta menumbuhkan sikap mandiri, rasa percaya diri dan rasa kerjasama yang kuat.

Rukmini juga berpesan kepada peserta untuk menjaga kebersihan perkemahan agar merasa nyaman dan senang, jaga kekompakan agar bisa meraih kejuaraan dengan setiap tantangan. “Ikutilah semua kegiatan dengan ceria gembira dan penuh suka cita, manfaatlah kesempatan ini untuk mencari teman dan sahabat baru bukan untuk menambah permusuhan pada dasarnya kalian semua adalah saudara. Agar kegiatan ini dapat terus diselenggarakan dan dikembangkan di tingkat kwartir cabang dan kwartir ranting se-Kota Probolinggo melalui kegiatan ini kita dapat membina generasi muda bangsa Indonesia menjadi generasi yang berkualitas,”pesannya. Usai acara seremonial, ketua majelis pembimbing meninjau tenda kantin dan sangga putra putri. (novi/humas) 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.