Simulasikan Bencana Kebakaran 

image_pdfimage_print

 

Masih dalam rangka HUT Palang Merah Indonesia (PMI)  ke – 72,  kali ini PMI Kota Probolinggo menggelar simulasi bencana yang dihadiri secara langsung oleh Wali Kota Probolinggo didampingi oleh Ketua PMI setempat Indi Eko Yanuarto, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, pada hari sabtu (21/10) di Perguruan Taman Siswa.

Simulasi bencana kebakaran yang terjadi di Perguruan Taman Madya yang diikuti  oleh guru,  siswa – siswi SMA Taman Madya, SMP Taman Madya,  anggota PMI beserta tim pemadam kebakaran (Damkar). Dalam simulasi ini anggota PMI dan Tim Damkar sangat sigap dan cekatan mengevakuasi korban yang terkena dampak kebakaran hingga kegiatan tersebut berjalan dengan baik. 

Ketua Pelaksana Kegiatan Meggy Proby menjelaskan  tujuan diadakan kegiatan ini untuk memperingati HUT PMI ke – 72, meningkatkan perhatian masyarakat terhadap pentingnya upaya pengurangan resiko bencana, meningkatkan pengetahuan tentang kebencanaan dan dampaknya serta meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap PMI dalam melaksanakan pelayanan di Indonesia. “Di HUT PMI ke 72 tahun, PMI berupaya memberikan pelayanan yang terbaik, melalui sukarelawan yang tersebar di nusantara,” ujarnya.

“PMI mendedikasikan dirinya untuk melayani masyarakat dalam memberi darah, memberikan bantuan saat menghadapi bencana, pelayanan PMI dimaksudkan untuk satu tujuan yaitu membangun masyarakat tangguh dan mausiawi,” lanjutnya.

Dalam sambutannya wali kota mengapresiasi kegiatan ini, kegiatan seperti ini sangat bermanfaat bagi anak – anak dan masyarakat Kota Probolinggo. Ini merupakan terobosan yang sangat baik dari PMI.  “Semoga dengan simulasi kebakaran ini anak – anak  menjadi lebih paham cara mengatasi  bencana kebakaran yang terjadi,” ujarnya.

Wali kota juga berpesan agar anak – anak belajar yang giat agar kelak menjadi pemimpin bangsa yang baik dan jauhi narkoba, minuman keras dan merokok. Kegiatan ini diakhiri dengan arahan dan simulasi cara memadamkan kebakaran secara tradisonal, mulai dari hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pemadaman seperti arah angin, jenis bahan yang terbakar, volume dan potensi bahan yang terbakar, letak dan situasi lingkungan, lamanya terbakar dan alat pemadam yang tersedia. 

Selain itu juga menerangkan teknik penggunaan media pemadam kebakaran sampai pedoman keselamatan pemadam.  Wali Kota Rukmini juga ikut serta mempraktekkan kegiatan ini yang didampingi oleh tim dari damkar. (mita/humas). 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.